PENGARUH AKTIVITAS EXTERNAL RELATIONS TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Pada Pelanggan CV Agaricus Sido Makmur Sentosa (Asimas) Lawang Malang)

ROFI, GUSLIQ (2006) PENGARUH AKTIVITAS EXTERNAL RELATIONS TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Pada Pelanggan CV Agaricus Sido Makmur Sentosa (Asimas) Lawang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_AKTIVITAS_EXTERNAL_RELATIONSTERHADAP_EKUITAS_MEREK.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Usaha pemantapan suatu merek perusahaan tidak dapat lepas dari suatu aktivitas External Relations yang dilakukan oleh tanaga pemasar Cv. Asimas kepada para konsumen. Aktivitas External Relations merupakan suatu hubungan yang dilakukan oleh perusahaan dengan para pelanggan dalam rangka memelihara hubungan baik dan harmonis dengan para pelanggannya. Penelitian ini dilakukan di Cv. Asimas Lawang Malang. CV Asimas dipilih sebagai obyek dalam penelitian ini karena didasarkan pada dua hal alasan utama. Pertama, CV Asimas merupakan perusahaan yang masih baru yang berbasis agribisnis, perdagangan dan industri, yang memproduksi suplemen kesehatan berupa Agaric Pure 100, Agaric tea, dan jamur konsumsi. Kedua, CV Asimas sedang giat melakukan promosi untuk memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat baik di Malang maupun di luar Malang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh aktivitas External Relations yang dilakukan oleh tenaga pemasar terhadap Ekuitas Merek pada diri konsumen. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas External Relations terhadap Ekuitas Merek pada diri Konsumen Cv. Asimas Lawang Malang dan besarnya pengaruh aktivitas External Relations yang dilakukan tenaga pemasar terhadap Ekuitas Merek pada diri Konsumen. Landasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan satu model komunikasi Public Relations yaitu model Two Way Syimetrical yang mengasumsikan bahwa komunikasi propaganda yang dilakukan melalui dua arah timbal balik yang berimbang akan mampu memecahkan atau menghindari suatu konflik dengan memperbaiki pemahaman Publik secara strategis agar dapat diterima dan dianggap etis dalam penyampaian pesan melalui komunikasi persuasif untuk membangun saling pengertian dan menguntungkan kedua belah pihak. Kemudiam teori aktivitas External Relations tersebut dikaitkan dengan teori Ekuitas Merek yang memandang bahwa masalah utama dari perusahaan yaitu bagaimana perusahaan dapat membangun kekuatan citra positifnya dari barang yang diproduksinya sehingga konsumen tersebut dapat memberi penilaian positif serta loyalitas tinggi yang nantinya akan menimbulkan suatu komitmen dari konsumen tersebut. Tipe penelitian ini adalah Explanatif dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas External Relations dan variabel terikatnya yaitu Ekuitas Merek. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap sejumlah 36 orang yang berdomisili di Malang. Populasi dalam penelitian disini sekaligus sebagai sampelnya karena responden yang dijadikan objek penelitian kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah Quesioner dan dokumentasi, kemudian untuk analisis datanya dipergunakan analisis regresi linier sedarhana. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, pengujian hipotesis dengan uji t diketahui bahwa nilai Thitung sebesar 3.179 nilai ini lebih besar dari ttabel yaitu 2.030, karena thitung lebih besar dari ttabel maka terukti adanya pengaruh secara signifikan antara variabel External Relations terhadap Ekuitas Merek pada Cv. Asimas Lawang Malang, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha tidak ditolak atau Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi R2= 0.229. angka ini menunjukkan bahwa variasi nilai tingkat Ekuitas Merek dapat dijelaskan oleh persamaan regresi sebesar 22,9% yang artinya Ekuitas Merek di Cv. Asimas dipengaruhi oleh aktivitas External Relations sedangkan sisanya sebesar 77.1% dipengaruhi faktor lainnya. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai R= 0.479 yang artinya pengaruh antara Variabel External Relations terhadap Ekuitas Merek adalah cukup kuat. Secara garis besar pengaruh aktivitas Ekternal relations Terhadap Ekuitas Merek Cv. Asimas sudah cukup baik hal ini ditunjukkan dari nilai korelasi R= 0.479 yang mana diantara kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan. Dari sini pihak Cv. Asimas hedaknya terus lebih meningkatkan aktivitas External Relationya pada pelanggan dalam upaya menanamkan ekuitas mereknya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:22
Last Modified: 26 Jul 2012 04:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13392

Actions (login required)

View Item View Item