EVALUASI KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERIMAAN SERTIFIKASI ISO 9001 PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA

Rhia Pramaulana, Wisnu (2006) EVALUASI KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERIMAAN SERTIFIKASI ISO 9001 PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_KINERJA_KEUANGAN_SEBELUM_DAN_SESUDAH_PENERIMAAN_SERTIFIKASI_ISO_9001_PADAPT.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

ISO 9001:2000 merupakan standarisasi yang lebih memfokuskan diri terhadap Perbaikan Kinerja, penggunaan struktur baru yang didasarkan pada Pendekatan Proses (Process Approach), pengurangan prosedur terdokumentasi, penekanan pada pemenuhan kepuasan pelanggan dan analisa data untuk perbaikan. Evaluasi Kinerja keuangan dapat dilakukan dengan mengunakan analisis rasio yaitu rasio likuiditas, rasio leverage atau solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio prrofitabilitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada peningkatan kinerja keuangan dengan adanya sertifikasi ISO 9001 pada perusahaan PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja, dengan alat analisis yaitu Uji beda dua mean berpasangan atau Paired sample t-test. Hasil perhitungan rasio dari rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio profitabilitas tidak menunjukkan adanya peningkatan kinerja keuangan dan cenderung bersifat fluktuatif dari tahun ke tahun. Rasio Aktivitas menunjukkan adanya peningkatan walau relatif kecil. Berdasarkan hasil analisis secara statisatik diketahui bahwa tidak ada peningkatan kinerja keuangan dengan adanya sertifikasi ISO 9001 pada PT (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja yang berarti implementasi ISO 9001 dapat dikategorikan kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:16
Last Modified: 26 Jul 2012 04:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13382

Actions (login required)

View Item View Item