OPTIMASI PENJADWALAN PERKULIAHAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

RIZQI, ANDY (2006) OPTIMASI PENJADWALAN PERKULIAHAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
OPTIMASI_PENJADWALAN_PERKULIAHAN.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Metode rekursif dan Backtraking adalah salah satu metode yang digunakan untuk penyusunan jadwal perkuliahan. Dengan metode ini di harapkan penyusunan jadwal perkuliahan yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Malang menjadi semakin optimal. Baik dalam efisien waktu maupun tenaga dan juga keefektifan dosen maupun mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Metode rekursif dan Backtraking yang di terapkan dalam penyusunan jadwal kuliah ini, merupakan sebuah metode yang mendukung bahasa pemrograman visual basic 6.0. Sehingga akan ada kemudahan dalam proses aplikasinya. Dengan metode ini masalah akan dibagi ke dalam bagian – bagian tertentu, yang mana dalam setiap bagian terdapat sejumlah kemungkinan solusi dan untuk mendapatkan solusi yang optimal. Hasil yang di dapatkan dengan metode ini ternyata bukanlah merupakan metode algoritma di atas yang murni, karena apabila menggunakan metode rekursi dan Bbacktraking murni proses pencarian solusi akan berlangsung sangat lama dan solusi yang dicari akan sulit untuk didapatkan . Sehingga perlu adanya proses modifikasi. Modifikasi yang dihasilkan tersebut ternyata telah menghasilkan solusi yang optimal, yaitu: proses penyusunan jadwal matakuliah yang semakin cepat dan mencakup satu fakultas, pemerataan jadwal kuliah. Meskipun ada sedikit kekurangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:15
Last Modified: 26 Jul 2012 04:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item