ANALISIS SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR BERDASARKAN PENYERAPAN TENAGA KERJA (Studi Pada Industri Besar dan Sedang di Jawa Timur Tahun 1999-2003)

Rhitmayanti, Merry (2006) ANALISIS SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR BERDASARKAN PENYERAPAN TENAGA KERJA (Studi Pada Industri Besar dan Sedang di Jawa Timur Tahun 1999-2003). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
ANALISIS_SPASIAL_INDUSTRI_MANUFAKTUR_BERDASARKANPENYERAPAN_TENAGA_KERJA(Studi_Pada_Industri_Besar_dan_Sedang_di_Jawa_Timur_Tahun_1999_–_2003_).pdf

Download (180B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengidentifikasi konsentrasi spasial industri manufaktur besar dan sedang di Jawa Timur berdasarkan penyerapan tenaga kerja. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS dengan periode penelitian tahun 1999-2003. alat analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi; Sistem Informasi Geografis (SIG), regresi linier berganda dengan data panel menggunakan metode GLS (random effect). Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa penyerapan tenaga kerja industri manufaktur besar dan sedang di Jawa Timur tidak merata antar daerah. Di beberapa kabupaten dan kota mengalami penyerapan tenaga kerja yang sangat tinggi sedangkan di bagian wilayah yang lain penyerapan tenaga kerja yang rendah. Faktor-faktor penetu penyerapan tenaga kerja dalam penelitian ini meliputi : upah, output, dan investasi asing. Dari hasil regresi yang dilakukan dengan menggunakan data panel bahwa penyerapan tenaga kerja di sektor industri manufaktur besar dan sedang di Jawa Timur prosentasi koefisien korelasi secara keseluruhan variabel-variabel upah, output, dan investasi asing sebesar 99,24% mempengaruhi penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:14
Last Modified: 26 Jul 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item View Item