ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP PUSAT PENDAPATAN PT SARINAH DEPARTEMEN STORE CABANG MALANG

Priswandana, Rendy Anugerah (2006) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP PUSAT PENDAPATAN PT SARINAH DEPARTEMEN STORE CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PENGENDALIAN_MANAJEMEN_TERHADAPPUSAT_PENDAPATAN_PT_SARINAH_DEPARTEMEN_STORECABANG_MALANG.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Sarinah Departemen Store cabang Malang, dengan judul “Analisis Sistem Pengendalian Manajemen pada Pusat Pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem pengendalian manajemen terhadap pusat pendapatan. Untuk mengetahui apakah sistem pengendalian manajemen pada penjualan telah dijalankan secara efisien dan efektif, dan mencoba memberikan alternatif. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pelaksanaan sitem pengendalian menajemen adalah dengan melakukan analisis terhadap proses sistem pengendalian manajemen yaitu pemrograman, penganggaran, penegendalian operasi dan pelaporan analisa. Sedangkan untuk mengetahui apakah sistem pengendalian manajemen pada penjualan telah dijalankan secara efektif menggunakan analisis selisih harga jual, selisih kuantitas penjualan dan selisih komposisi. Dari tolok ukur yang digunakan terdapat selisih yang sangat besar antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan, sehingga sistem pengendalian manajemen belum efektif. Hal ini disebabkan karena harga, kuantitas serta komposisi penjualan yang dianggarkan lebih besar daripada realisasinya, PT Sarinah tidak melakukan kegiatan promosi seperti halnya para pesaingnya serta hambatan yang selama ini menjadi kendala yaitu sedikitnya lahan parkir yang dimiliki PT Sarinah cabang Malang. Alternatif yang coba diberikan adalah dengan melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan volume penjualan, serta menambah area parkir. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT Sarinah cabang Malang lebih meningkatkan pelaksanaan pengendalian manajemen. Selain itu juga melakukan kegiatan promosi atau pengiklanan, serta PT Sarinah harus mencari informasi mengenai pangsa pasar penjualan para pesaing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:12
Last Modified: 26 Jul 2012 04:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item