PEMBERIAN HAFALAN OLEH GURU PADA PRAKTEK PENGAJARAN PENGUKURAN KELAS IV DI MIJS MALANG (Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Malang)

RETNOWATI, RINA (2006) PEMBERIAN HAFALAN OLEH GURU PADA PRAKTEK PENGAJARAN PENGUKURAN KELAS IV DI MIJS MALANG (Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBERIAN_HAFALAN_OLEH_GURU_PADA_PRAKTEKPENGAJARAN_PENGUKURAN_KELAS_IV_DI_MIJS_MALANG.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Sampai saat ini pendidikan masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai fakta-fakta yang harus dihafal. Untuk itu diperlukan strategi belajar yang mengharuskan menghafal fakta-fakta. Oleh karena hal ingatan atau hafalan banyak berhubungan dengan hal belajar, maka pendidikan hendaknya memperhatikan kemungkinan serta kondisi ingatan anak didik. Di dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana deskripsi pemberian hafalan pada penyampaian materi kelas IVA di MIJS Malang, sedangkan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pemberian hafalan pada praktek pengajaran pengukuran yang dilakukan guru matematika kelas IVA di MIJS Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian hafalan oleh guru pada praktek pengajaran pengukuran kelas IVA di MIJS Malang. Untuk memperoleh jawaban yang diinginkan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan pemberian hafalan oleh guru pada praktek pengajaran pengukuran di MIJS Malang, maka data di analisis secara deskriptif kualitatif. Analisis ini diharapkan dapat menjelaskan pemberian hafalan oleh guru pada praktek pengajaran, dengan harapan hasil analisis ini merupakan gambaran dari kondisi yang ada. Dari hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa kelas IVA di MIJS Malang tahun ajaran 2005/2006 ternyata masih menerapkan pemberian hafalan. Terbukti dari cara mengajar guru masih memberitahukan rumus, menyimpulkan jawaban, memberitahu langkah-langkah awal mengerjakan soal, meminta siswa menghafal rumus. Dari sini, ada kecenderungan memberi tahu dan menghafal pada praktek pengajaran pengukuran kelas IVA di MIJS Malang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa diberitahu karena dalam menemukan rumus dan jawaban siswa butuh waktu yang lama, walaupun ada sebagian anak dalam menemukan rumus bisa memahami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 03:35
Last Modified: 26 Jul 2012 03:35
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item