Konstruksi Berita Media Internal Perusahaan(Analisis Framing Terhadap Teks PR, Pada Rubrik Company Relations Buletin KOIN Telkom, Edisi Agustus sampai Desember 2005)

RETNANY, PRINKA DWI (2006) Konstruksi Berita Media Internal Perusahaan(Analisis Framing Terhadap Teks PR, Pada Rubrik Company Relations Buletin KOIN Telkom, Edisi Agustus sampai Desember 2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Konstruksi_Berita_Media_Internal_Perusahaan.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Public Relations dalam perusahaan merupakan kegiatan komunikasi. Kegiatan komunikasi tersebut meliputi kegiatan komunikasi dengan publik internal maupun dengan publik eksternal. Pelaksanaan komunikasi organisasi tersebut bisa dilaksanakan secara langsung ataupun tidak langsung atau bermedia. Pada komunikasi bermedia bisa menggunakan media cetak yang salah satunya dalam suatu perusahaan adalah media internal perusahaan, seperti buletin internal. Disini, keahlian menulis sangat dibutuhkan untuk profesi Public Relations. Dan ini berhubungan dengan suatu model praktek PR yang ideal, yaitu two way symmetrical, atau PR sebagai jembatan dua arah. Suatu teks berita, termasuk berita dalam media internal perusahaan sangat potensial untuk mengalami kecacatan atau keretakan. Baik kecacatan yang berupa teknik maupun moril. Karena hal tersebut, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana konstruksi teks PR, pada rubrik company relations buletin KOIN Telkom Divre V Jawa Timur, edisi Agustus sampai Desember 2005 oleh PR Telkom. Penelitian ini memakai beberapa teori atau konsep, antara lain konsep tentang peranan PR sampai dengan model praktek PR oleh Grunig dan konsep tentang komunikasi organisasi yang didalamnya berisi tentang bentuk-bentuk komunikasi organisasi sampai dengan penggunaan media dalam organisasi. Selain itu juga ada teori tentang pembentukan realitas, faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan redaksi seperti faktor individual, rutinitas media, organisasi, dan ekstramedia. Ada satu fakta yang mengatakan bahwa wartawan dalam mengkonstruksi berita dihadapkan dalam tiga tuntutan, antara lain tuntutan teknis yang berhubungan dengan unsur 5W + 1H, tuntutan pragmatis yang berhubungan dengan faktor internal dan eksternal, serta tuntutan idealis yang mengharuskan wartawan menulis berita seobjektif mungkin. Metodologi yang digunakan peneliti adalah metodologi kualitatif yang memakai paradigma konstruktivis. Penelitian ini juga menggunakan kajian hermeneutika, karena didalamnya mempelajari ilmu tentang interpretasi teks. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode analisis framing, karena akan mengetahui perspektif yang digunakan wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Model yang digunakan dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, karena model ini merupakan modifikasi dan dimensi operasional dari analisis wacana Teun Van Dijk yang memakai struktur yang lebih luas dan juga memiliki tiga elemen penting, yaitu berita, wartawan, dan khalayak. Perangkat yang digunakan antara lain adalah sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Fokus penelitian ini pada rubrik company relations buletin KOIN Telkom Divre V Jawa Timur, edisi Agustus sampai Desember 2005. Hasil yang didapat setelah melalui analisis framing dan interpretasi data dengan pendekatan framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki adalah, bahwa teks PR pada rubrik company relations buletin KOIN Telkom ini, dari sisi teknis didominasi oleh unsur who (siapa) dan what (apa). Dari sisi pragmatis, diketahui bahwa kerja redaksional buletin KOIN tersebut berada dibawah kendali pihak yang dominan. Sehingga objektivitas masih rendah. Hal tersebut terefleksi dari kutipan yang diambil lebih banyak dari pihak jajaran pimpinan perusahaan, seperti Kadivre V, Manajer PR dan Direktur Utama Telkom dan mengabaikan aspirasi karyawan. Dari sisi ideologis, buletin KOIN juga dikonstruksi dengan berorientasi pada ideologi memihak pada perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berita yang membahas untuk kepentingan perusahaan, skrip yang lebih banyak menggunakan unsur who dan what, tema yang diangkat lebih banyak memuat kepentingan perusahaan, serta sisi retoris yang banyak menggunakan kata-kata yang lebih menunjuk pada keadaan perusahaan. Dari ketiga kesimpulan tersebut, berarti praktek model PR Telkom Divre V Jawa Timur yang diterapkan melalui media buletin KOIN, masih jauh dari idealnya model PR dalam konsep James Grunig. Praktek PR Telkom melalui buletin tersebut menggambarkan praktek dengan model public informations, sementara praktek yang ideal menurut Grunig adalah dengan model two way symmetrical.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 03:13
Last Modified: 26 Jul 2012 03:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item