PENGARUH DOSIS PUPUK VERMI KOMPOS SAMPAH KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA KLON TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth)

Paramita Sudjarwo, Sendy (2006) PENGARUH DOSIS PUPUK VERMI KOMPOS SAMPAH KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA KLON TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_DOSIS_PUPUK_VERMI_KOMPOS.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah dalam meningkatkan produksi nilam adalah jenis nilam yang digunakan dan kesuburan tanah. Untuk mengatasi masalah tersebut harus digunakan jenis nilam Sidikalang dan Tapak Tuan yang memiliki kadar minyak tinggi dan juga PA (Patchouly oil) yang tinggi. Kesuburan tanah juga faktor penting dalam budidaya nilam, penggunaan pupuk yang tepat dan benar dapat meningkatkan hasil panen. Pupuk organik yang digunakan adalah vermikompos sampah kota, dampak positif menggunakan pupuk vermikompos sampah kota adalah dapat memperbaiki struktur tanah, penggunaan vermikompos juga berdampak positif pada lingkungan. Percobaan dilakukan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang. Rancangan yang digunakan adalah RAK faktorial dengan tiga kali ulangan. Hasil dari penelitian ini kombinasi perlakuan yang baik adalah pemberian dosis pupuk vermikompos sampah kota 400 g/tanaman (D4K1) dengan klon Sidikalang dan tanpa pemberian pupuk vermikompos sampah kota dengan klon Tapak Tuan (D0K2). Klon nilam yang memiliki kadar minyak paling tinggi yaitu klon Sidikalang dengan pemberian pupuk 200 g/tanaman (D2K1).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:56
Last Modified: 26 Jul 2012 02:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item