PENGUJIAN ALAT UJI GETARAN BEBAS DUA DERAJAT KEBEBASAN PENDULUM PARALEL: MATRIKS REDAMAN SEBANDING DENGAN MATRIKS KEKAKUAN

RAKHMAT, RAKHMAT (2006) PENGUJIAN ALAT UJI GETARAN BEBAS DUA DERAJAT KEBEBASAN PENDULUM PARALEL: MATRIKS REDAMAN SEBANDING DENGAN MATRIKS KEKAKUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGUJIAN_ALAT_UJI_GETARAN_BEBAS_DUA_DERAJAT_KEBEBASAN_PENDULUM_PARALE1.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Umumnya pengembangan terhadap teori getaran dengan eksperimental menggunakan alat uji atau instrument yang mahal, sehingga tidak semua universitas dapat melakukan studi getaran tersebut. Pada tugas sarjana mahasiswa teknik mesin UMM sebelumnya telah dibuat alat uji getaran bebas 2 derajat kebebasan pendulum paralel. Dengan adanya alat uji tersebut, maka perlu dilakukan pengujian dari alat tersebut untuk mengembangkan metode analitis yang dapat menunjang studi getaran dan analisis fenomena yang terjadi. Metode yang digunakan antara lain pengukuran parameter-parameter dasar struktur, pengujian untuk mendapatkan data berupa respons getaran, pengolahan data hasil pengujian secara komputasi Matlab 5.2. dengan dua cara yang berbeda, yaitu: Pelineraran Hubungan Taklinear dan Pengurangan Logaritmik. Analisis dilakukan dengan memanfaatkan sifat orthogonalitas eigenvektor dan di-asumsikan redaman sebanding (proportional damping) dengan matriks kekakuan. Hasil dari analisis dengan metode pelinearan hubungan taklinear didapat-kan nilai redaman yang sama pada pensil 1 dan pensil 2, yaitu 0.50 [Ns/m], sementara redaman akibat gesekan pada bearing 1 dan bearing 2 juga bernilai sama, yaitu 0.72 [Nms/rad] dan konstanta kesebandingannya adalah: = Sementara dengan metode pengurangan logaritmik didapatkan nilai redaman yang bernilai sama pada pensil 1 dan pensil 2, yaitu 0.334 [Ns/m], sementara redamanakibat gesekan pada bearing 1 dan bearing 2 juga bernilai sama, yaitu 0.71 [Nms/rad], konstanta kesebandingannya adalah: = Berdasarkan hasil pengujian dan analisa data, dapat disarankan agar dilakukan pengembangan dari alat uji dalam hal pengambilan data secara digital untuk memperkecil terjadinya kesalahan (error).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:44
Last Modified: 26 Jul 2012 02:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item