EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KREDIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS (Studi Pada Koperasi Kredit Sawiran Cabang Kepanjen Malang)

RAKHMANIA, EVA (2006) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KREDIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS (Studi Pada Koperasi Kredit Sawiran Cabang Kepanjen Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENGELOLAAN_KREDITDAN_FAKTOR–FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHIPROFITABILITAS(Studi_Pada_Koperasi_Kredit_Sawiran_Cabang_Kepanjen_Malang).pdf

Download (180B)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Koperasi Kredit Sawiran Cabang Kepanjen Malang yang berlokasi di Jalan Sumedang Nomor 1 Kepanjen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pengelolaan kredit dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredit yang diberikan dan jumlah modal terhadap profitabilitas yang dicapai pada Koperasi Sawiran Kepanjen Malang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, Data dalam penelitian ini adalah data time series yang dikumpulkan pada tahun 2004-2005 yang merupakan data bulanan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis credit risk ratio dan rasio perbandingan total pengembalian kredit dengan total penyaluran kredit serta uji statistik regresi linier berganda. Berdasarkan tujuan pertama, hasil analisis perhitungan credit risk ratio menunjukkan pengelolaan kredit pada Koperasi Kredit Sawiran Kepanjen Malang dinilai efektif, 0% pada tahun 2004 dan 0.0009% pada tahun 2005, yaitu masih jauh dibawah standar kredit yang ditetapkan yaitu 2% (kredit lancar). Pada perhitungan rasio perbandingan total pengembalian dengan total penyaluran kredit menunjukkan kemampuan Koperasi Kredit Sawiran mengelola kreditnya dikatakan efektif, dengan prosentase kredit lancar sebesar 99%. Sedangkan berdasarkan tujuan kedua, pada pengujian hipotesis uji statistik regresi linier berganda diketahui bahwa pengaruh kredit yang diberikan dan jumlah modal secara serentak terhadap besarnya profit adalah signifikan. Berarti kredit yang diberikan dan jumlah modal sangat berpengaruh positif terhadap profitabilitas yang dicapai. Berdasarkan hasil analisis, penulis dapat memberikan saran sebagai berikut : hendaknya pihak koperasi melakukan evaluasi atas laporan keuangan pada tiap periode akuntansi dengan membandingkan laporan keuangan tiap bulannya guna mengetahui perkembangan yang telah dicapai pada periode berjalan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:40
Last Modified: 26 Jul 2012 02:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13295

Actions (login required)

View Item View Item