PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI DENGAN METODE RANK POSITION WEIGHT DENGAN PERBANDINGAN METODE REGION APPROACH GUNA MENINGKATKAN EFFISIENSI KERJA (Studi Kasus di Perusahaan Kompor Kapal Layar Malang)

PUSPITAWATI, NANIK (2006) PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI DENGAN METODE RANK POSITION WEIGHT DENGAN PERBANDINGAN METODE REGION APPROACH GUNA MENINGKATKAN EFFISIENSI KERJA (Studi Kasus di Perusahaan Kompor Kapal Layar Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_KESEIMBANGAN_LINTASAN_PRODUKSI_DENGANMETODE_RANK_POSITION_WEIGHT_DENGAN_PERBANDINGANMETODE_REGION_APPROACH_GUNA_MENINGKATKAN_EFFISIENSIKERJA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Kompor Kapal Layar Malang memproduksi berbagai jenis kompor yang terbuat dari bahan plat. Salah satu jenis produk yang akan diteliti adalah kompor dengan sumbu 14. Pengaturan lintasan produksi untuk produk ini bertujuan agar lebih meningkatkan efisiensi dari system, sehingga diharapkan output produksi meningkat karena dengan semakin meningkatnya output produksi, maka target produksi dapat tercapai dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat. Dengan penerapan Line Balancing dengan membandingkan metode Rank Position Weight dengan metode Region Approach maka dipilih metode Region Approach diperoleh penurunan Balance Delay dari kondisi awal 48.58% menjadi 15.06%. Pada kondisi sesudah perencanaan, peningkatan efisiensi dari 51.42% menjadi 84.94%, pengurangan stasiun kerja dari 16 stasiun kerja menjadi 11 stasiun kerja. Adanya penghematan biaya tenaga kerja dai kondisi awal sebesar Rp 7.424.00,00 menjadi Rp 4.048.000,00. Selain itu dari perencanaan Line Balancing ini dapat meningkatkan output produksi dari kondisi awal sebanyak 275 kompor/bulan menjadi 312 kompor/bulan. Dari hasil perencanaan Line Balancing, maka didapatkan hasil yang semakin meningkatkan effisiensi. Namun biaya tenaga kerja lebih murah dibandingkan dengan kondisi awal perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:38
Last Modified: 26 Jul 2012 02:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item