PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI SDN HADILUWIH I NGADIROJO PACITAN

RAHMAWATI, BIONTINA (2006) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI SDN HADILUWIH I NGADIROJO PACITAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KONSTRUKTIVISTIK_PADA_POKOK_BAHASAN_PECAHAN_DI_SDN_HADILUWIH_I_NGADIROJO_PACITAN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan berkaitan erat dengan peningkatan kualitas guru sebagai pelaksana pendidikan. Rendahnya prestasi belajar siswa untuk pelajaran matematika karena proses pembelajaran di SD yang masih berpusat pada guru (Teacher Centered Instruction). Siswa lebih diposisikan sebagai penerima yang hanya sebagai pendengar, pencatat dan kurang mendapatkan kesempatan membangun sendiri pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu upaya mengubah proses pembelajaran matematika dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu pembelajaran berpusat pada siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, respon siswa, hambatan yang terjadi selama pembelajaran berlangsung serta sejauh mana prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2005/ 2006 di SDN Hadiluwih I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi respon siswa dan tes. Aktivitas siswa selama pembelajaran, setiap pertemuan mengalami peningkatan, terdapat 70% respon siswa dikatakan sedang terhadap pembelajaran konstruktivistik. Faktor-faktor yang menghambat pembelajaran konstruktivistik antara lain faktor dari guru, sarana, siswa dan waktu. Secara keseluruhan siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan siswa yang mencapai 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas siswa, respon siswa baik dan ketuntasan belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 02:25
Last Modified: 26 Jul 2012 02:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item