PERANAN PETUGAS HUMAS HOTEL MARGOSUKO MALANG DALAM PROMOSI PRODUK HOTEL MARGOSUKO

Riswantoro, Aditya Yanuardi (2006) PERANAN PETUGAS HUMAS HOTEL MARGOSUKO MALANG DALAM PROMOSI PRODUK HOTEL MARGOSUKO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANAN_PETUGAS_HUMAS_HOTEL_MARGOSUKO_MALANG_DALAM_PROMOSI_PRODUK_HOTEL_MARGOSUK1.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Perhotelan di Indonesia tumbuh pesat sejalan dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata. Perhotelan merupakan salah satu bisnis yang masih menjanjikan dan mempunyai potensi besar. Walaupun keadaan negara sekarang yang semakin tak menentu, bisnis perhotelan masih bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu pihak Humas Hotel Margosuko Malang sendiri melakukan beberapa strategi dan taktik dalam melakukan setiap kegiatan kehumasannya bisa bekerjasama dengan pihak atau bagian marketing, karena secara tidak langsung dalam melakukan kegiatan promosi produk ini, humas membutuhkan kerjasama dalam hal pemasaran produk yang sebelumnya telah disusun perencanaan program kegiatan promosi produk tersebut, sehingga para petugas humas ini punya batasan-batasan terhadap ruang lingkup kerja mereka dalam menangani kegiatan promosi tersebut. Berangkat dari latar belakang masalah diatas, maka yang menjadi rumusan permasalahan adalah Apa Peranan Petugas Humas Hotel Margosuko Malang Dalam Promosi Produk Hotel Margosuko? Selanjutnya, tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan Peranan Petugas Humas Hotel Margosuko Malang Dalam Promosi Produk Hotel Margosuko. Lokasi penelitian yang terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 40-42 Malang adalah Hotel kelas Melati 3 dengan sumber informan terdiri dari Petugas Humas & Marketing, Receptionist dan Accounting Hotel Margosuko Malang, karena pada ketiga bagian tersebut yang terlibat secara aktif dalam permasalahan kegiatan promosi produk kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pendekatan kualitatif, yakni data yang hendak dikumpulkan adalah tentang bagaimana peranan petugas humas Hotel Margosuko Malang dalam promosi produk Hotel Margosuko berupa informasi dalam bentuk deskripsi (Observasi, Wawancara, & Dokumentasi. Sedangkan perspektif yang digunakan adalah bahwa data yang dikumpulkan di upayakan untuk di deskrpisikan berdasarkan ungkapan, bahasa, cara berpikir, & pandangan subjek penulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis formula perencanaan pemasaran. Pada analisis formula perencanaan pemasaran ini, terdapat tugas perencanaan kegiatan promosi utama yang dilakukan oleh para petugas humas Hotel Margosuko Malang, yaitu Mengidentifikasi Peluang, Menetapkan Sasaran, Mengembangkan Strategi, Merumuskan Rencana, Melaksanakan serta Mengawasi elemen penting dari rencana itu dan Formula Mempromosikan. Sehingga dapat diungkapkan bahwa bagaimana Peranan Petugas Humas Hotel Margosuko Malang Dalam Promosi Produk Hotel Margosuko vi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Petugas Humas di Hotel Margosuko Malang ternyata tergabung dalam satu bidang departemen yakni Humas & Marketing Manager, karena pihak management Hotel Margosuko Malang menganggap Hotel mereka tidak terlalu besar dan hanya membutuhkan beberapa staff Hotel yang sangat ahli di bidangnya masing-masing dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Dalam melakukan kegiatan promosi, peranan Humas & Marketing Hotel Margosuko menggunakan Formula Perencanaan Pemasaran dengan beberapa langkah sistem kerja yakni sebagai Pengidentifikasi Peluang, Menetapkan Tujuan, serta yang Mengembangkan Strategi. Dalam aktivitasnya, peranan Humas & Marketing Manager Hotel Margosuko Malang dalam mempromosikan produk kepada masyarakat ternyata tidak berperan sebagai seorang Penasehat Ahli, karena dalam kesehariannya serta dalam melakukan kegiatan promosi produk, pihak Manajemen Hotel Margosuko Malang tidak sepenuhnya menerima apa yang telah disarankan atau usulan dari Humas & Marketing tersebut dalam memecahkan atau mengatasi persoalan public relations yang tengah dihadapi oleh perusahaan yang bersangkutan. Tetapi Petugas Humas & Marketing Hotel Margosko Malang lebih banyak berperan sebagai Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecahan Masalah dan Teknisi Komunikasi. Adapun saran bagi Manajemen Hotel Margosuko Malang adalah sebaiknya posisi Humas & Marketing terbagi secara terpisah, karena agar memudahkan konsentrasi dalam melakukan berbagai macam aktivitas kerjanya terutama dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat. Sehingga pada masing-masing bagian memiliki job description yang jelas dan otomatis dapat memudahkan pekerjaan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:19
Last Modified: 25 Jul 2012 07:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13276

Actions (login required)

View Item View Item