PENGARUH PEMENUHAN HIERARKI KEBUTUHAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ROKOKPT. BATU KUMALA 123 MALANG

Riyono, Riyono (2006) PENGARUH PEMENUHAN HIERARKI KEBUTUHAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ROKOKPT. BATU KUMALA 123 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PEMENUHAN HIERARKI KEBUTUHAN.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif corelation dengan judul “Pengaruh Pemenuhan Hierarki Kebutuhan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Perusahaan Rokok PT. Batu Kumala Malang.” Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh signifikan pemenuhan hierarki kebutuhan terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi pada perusahaan Rokok PT. Batu Kumala Malang. Selain itu, tujuannya adalah untuk mengetahui variabel pemenuhan hierarki kebutuhan yang berpengaruh dominan terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi pada perusahaan Rokok PT. Batu Kumala Malang. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan tetap bagian produksi berjumlah sebanyak 40 orang. Dari jumlah populasi yang tercantum di atas peneliti menggunakan sampel yang mana jumlahnya sama dengan jumlah populasi yang tertera,yaitu sebanyak 40 orang karyawan tetap pada bagian produksi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau senses yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampelnya yang diambil sama dengan jumlah populasinya. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan Uji t untuk menguji hipotesis pemenuhan hierarki kebutuhan berpengaruh singnifikan terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi pada perusahaan Rokok PT. Batu Kumala Malang. Untuk faktor dominan diambil dari koefisien regresi terbesar dalam pengujian hipotesis kebutuhan fisiologis mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi pada perusahaan Rokok PT. Batu Kumala Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan linear Y = 1,237 + 0,399X1 + 0,163X2 + 0,092X3 + 0,034 X4 + 0,252X5 + e. Pengaruh pemenuhan kebutuhan hierarki terhadap motivasi ditunjukkan dengan nilai koefesien determinasi (R2), diperoleh nilai sebesar 0,854 atau 85,4%. Dengan membandingkan nilai FHitung sebesar 39,751 > nilai FTabel sebesar 3,15, menunjukkan bahwa variabel kebutuhan fisiologis (X1), kebutuhan kemananan dan keselamatan (X2), kebutuhan sosial (X3), kebutuhan akan penghargaan (X4) dan kebutuhan aktualisasi diri (X5) berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan Bagian Produksi PT. Batu Kumala Malang (Y). Berdasarkan Uji t hanya kebutuhan fisiologis (X1) dengan t hitung sebesar 3,357 dan kebutuhan aktualisasi diri (X5) dengan t hitung sebesar 2,772 yang berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi kerja karyawan Bagian Produksi PT. Batu Kumala Malang (Y). Penelitian ini memberikan hasil bahwa kebutuhan fisiologis (X1) yang memiliki koefisien regresi terbesar yaitu 0,399.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:13
Last Modified: 25 Jul 2012 07:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item