ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN (Studi di Bursa Efek Jakarta 2001-2004)

Riza, Evi Elvira (2006) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN (Studi di Bursa Efek Jakarta 2001-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada perusahaan Tekstil dan Garmen di Bursa Efek Jakarta dengan judul Analisis Variabel-Variabel yang mempengaruhi Struktur modal pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh variabel laju pertumbuhan penjualan, susunan aset, risiko bisnis, beban pajak, dan kemampuan menerbitkan modal secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal, dan untuk mengetahui variabel pakah yang pengaruhnya terbesar terhadap struktur modal. Penelitian ini mengambil dua hipotesis yaitu : bahwa variabel laju pertumbuhan penjualan, susunan aset, risiko bisnis, beban pajak, dan kemampuan menerbitkan modal berpengaruh terhadap struktur modal, dan variabel susunan aset merupakan variabel yang berpengaruh paling besar terhadap struktur modal.Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji secara simultan uji F, uji secara parsial uji t, dan uji asumsi klasik. Nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,707, yang artinya kemampuan variabel bebas mampu menjelaskan variasi variabel struktur modal sebesar 70,70% sedangkan sisanya 29,30% dijelaskan oleh variabel ;ain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Pada pengujian hipotesis I nilai F hitung sebesar 9,852> nilai F tabel sebesar 9,01 sehingga menghasilkan keputusan Ho ditolak dan Ha, artinya lima variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama terhadap struktur modal. Uji Hipotesis II, variabel susunan aset memiliki koefisien regresi terbesar yaitu 5,933 jika dibandingkan variabel bebas lainnya. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan variabel susunan aset merupakan variabel yang secara nyata memberikan pengaruh paling besar terhadap struktur modal diterima. Hasil uji asumsi klasik diketahui bahwa dalam model regresi linier berganda tidak terdapat multikolinieritas, heterokedastisitas, dan autokolerasitas. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka hasil penelitian ini relevan apabila digunakan perusahaan terutama manajer untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi pada perusahaan Tekstil dan Garmen dalam penentuan struktur modal perusahaan. Sebaiknya seorang manajer perusahaan dalam mengelola modal perusahaan, menggunakan prosentase modal sendiri (perusahaan) lebih besar dibanding menggunakan modal asing, dengan modal sendiri lebih besar akan mendapatkan laba yang lebih besar. Bagi Investor sebaiknya investor berinvestasi pada perusahaan yang mempunyai struktur modal baik. Artinya memiliki susunan laporan keuangan (laba) dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:07
Last Modified: 25 Jul 2012 07:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item