KAMPANYE MARKETING PUBLIC RELATIONS HOTEL KLUB BUNGA BUTIK RESORT BATU – MALANG DALAM UPAYA MENGHADAPI PERSAINGAN JASA PERHOTELAN

Rochmah, Miftachur (2006) KAMPANYE MARKETING PUBLIC RELATIONS HOTEL KLUB BUNGA BUTIK RESORT BATU – MALANG DALAM UPAYA MENGHADAPI PERSAINGAN JASA PERHOTELAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KAMPANYE_MARKETING_PUBLIC_RELATIONS_HOTEL_KLUBBUNGA_BUTIK_RESORT_BATU.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Perhotelan merupakan salah satu bidang industri pariwisata yang banyak mengalami perkembangan. Semakin maraknya bisnis perhotelan maka persaingan juga semakin tinggi. Persaingan jasa perhotelan berorientasi pada tamu atau publik, seiring dengan datangnya tamu untuk menikmati fasilitas dan layanan yang diberikan oleh hotel. Sehingga setiap perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan dan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam rangka memuaskan konsumen agar tidak berpaling ke perusahaan pesaing. Penelitian ini dilaksanakan di hotel Klub Bunga Butik Resort, Jl. Kartika No.1 Batu-Malang. Selain itu dapat dilihat dari fenomena yang tampak di tengah gencarnya pembangunan hotel dikawasan Batu dan Malang, Klub Bunga Butik Resort tetap survive dan dijadikan pilihan oleh konsumen untuk menikmati fasilitas dan layanan yang ada. Adapun permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana kampanye Marketing Public Relations Hotel Klub Bunga Butik Resort Batu-Malang dalam upaya menghadapi persaingan jasa perhotelan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kampanye Marketing Public Relations Hotel Klub Bunga Butik Resort Batu-Malang dalam upaya menghadapi persaingan jasa perhotelan.Dalam penelitian ini menggunakan tinjauan teoritis tentang pengertian kampanye, konsep marketing, konsep public relations, konsep marketing public relations, pengertian opini publik, persaingan jasa, dan pengertian hotel. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskiptif kualitatif dan dasar penelitiannya menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada Departement Marketing hotel Klub Bunga Butik Resort dan melakukan wawancara dengan 3 orang responden yang terdiri dari 1 orang Manager Marketing dan 2 orang Marketing Executive. 3 orang responden tersebut dijadikan responden karena merekalah yang bertanggung jawab terhadap kampanye Marketing Public Relations, dan mereka sebagai informan yang informasinya dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Domain yang terdiri dari jenis, alasan, urutan/tahapan, dan cara melakukan. Dengan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kampanye Marketing Public Relations dengan proses yang dilakukan oleh Marketing Departemen Klub Bunga Butik Resort dalam menghadapi persaingan jasa perhotelan adalah merumuskan strategi tahap tujuan perusahaan untuk meningkatkan jumlah tamu, sasaran yang diharapkan stakeholder dan tamu dan hal tersebut ditunjang dengan survey lapangan untuk mengetahui tingkat pengenalan publik terhadap keberadaan hotel. Sehingga dapat mengetahui kekuatan pesaing lainnya dalam membangun kepercayaan terhadap konsumen. Pelaksanaan keperluan promosi maupun publikasi melalui kegiatan promosi yang dilakukan Klub Bunga Butik Resort dengan menggunakan media cetak dan elektronik selain itu juga melakukan penyebaran brosur dan flyer kepada beberapa perusahaan dengan memasang spanduk dan baliho. Teknik promosi yang dilakukan meliputi sales call, telemarketing, dan personal selling dan melakukan promosi intern seperti calender of events yang rutin dilaksanakan setiap minggunya dan setiap per enam bulan sekali. Hasil yang diharapkan Klub Bunga Butik Resort dengan adanya promosi telah mampu mendapatkan target penjualan secara maksimal, dengan meningkatnya jumlah pengunjung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 06:47
Last Modified: 25 Jul 2012 06:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item