Perencanaan Pendistribusian Produk Menggunakan Metode Transportasi Untuk Minimalisasi Biaya Distribusi Produk (Study Kasus Pada PT. KARYA TIMUR PRIMA MALANG)

PURWATI, PURWATI (2006) Perencanaan Pendistribusian Produk Menggunakan Metode Transportasi Untuk Minimalisasi Biaya Distribusi Produk (Study Kasus Pada PT. KARYA TIMUR PRIMA MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Perencanaan_Pendistribusian_Produk_Menggunakan_MetodeTransportasi_Untuk_Minimalisasi_Biaya_Distribusi_Produk.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

PT. Karya Timur Prima Malang merupakan salah satu perusahaan rokok yang memproduksi rokok Merk Mahayana kretek dan Merk Champion Filter untuk daerah pemasaran di Jawa serta Potenza Filter untuk pemasaran luar Jawa. Penelitian ini hanya menganalisa wilayah pemasaran Jawa khususnya rokok Champion Filter. Dalam pemenuhan permintaan pasar akan rokok Champion Filter PT. Karya Timur Prima memiliki dua gudang yang menangani pendistribusian produk. Pendistribusian Rokok Champion Filter yang di jalankan melalui dua gudang yaitu gudang Malang dan gudang Cirebon yang mempunyai daerah tujuan pendistribusian yang sama. Kedua gudang melakukan proses pendistribusian sendiri-sendiri sesuai dengan permintaan gudang mereka. Hal ini mengakibatkan biaya penidstribusian produk yang harus di keluarkan perusahaan menjadi sangat besar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meminimalkan biaya pendistribusian produk adalah metode transportasi , karena dengan menggunakan metode ini dapat menghemat biaya dengan membuat suatu perencanaan pendistribusian yang tepat untuk suatu distribusi. Analisa di awali dengan dengan plotting data permintaan bulan Mei - Juli 2006 untuk mengetahui metode peramalan yang sesuai. Hasil peramalan dengan MAPE terkecil adalah data permintaan pada bulan Agustus – Oktober 2006 akan di analisa menggunakan metode Transportasi yaitu Metode NWCR, VAM dan MODI menggunakan bantuan Software QS. Sebelum analisa mneggunakan metode transportasi, biaya distribusi yang di keluarkan oleh perusahaan adalah sebesar Rp. 131.040.000,- dan setelah dilakukan analisa biaya yang diperlukan untuk pendistribusian produk Rokok Champion Filter yaitu sebesar Rp. 116.400.000,- sehingga di peroleh penghematan biaya distribusi sebesar Rp.14.640.000,- atau penghematannya 11,2 % dari biaya sebelum analisa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 06:48
Last Modified: 25 Jul 2012 06:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item