EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA MELALUI PENGENDALIAN PIUTANG DAGANG UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK JATI MESEM WAGIR, MALANG

Rochmawati, Heny (2006) EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA MELALUI PENGENDALIAN PIUTANG DAGANG UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK JATI MESEM WAGIR, MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA MELALUI PENGENDALIAN PIUTANG DAGANG.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Rokok Jati Mesem Wagir dengan judul “Efisiensi penggunaan modal kerja melalui pengendalian piutang dagang untuk meningkatkan profitabilitas pada Perusahaan Rokok Jati Mesem Wagir, Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan modal kerja perusahaan selama ini sudah efisien dan mengetahui ada tidaknya keterkaitan antara penggunaan modal kerja dengan tingkat ROI serta untuk mengetahui apakah profitabilitas perusahaan meningkat. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja melalui pengendalian piutang adalah dengan mencari perputaran modal kerja dan perputaran piutang. Semakin cepat perputarannya, maka akan semakin efisien penggunaan modal kerja. Serta menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui keterkaitan modal kerja dengan tingkat Return On Investment. Rasio profitabilitas yang digunakan adalah Return On Investment. Hasil perhitungan dari alat analisis menunjukan bahwa penggunaan modal kerja tidak efisien. Hal ini terlihat dari semakin lambatnya modal kerja itu berputar. Sedangkan hasil korelasi dari penggunaan modal kerja dengan Return On Investment diperoleh hasil positif (+) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat korelasi positif antara penggunaan modal kerja yang efisien dengan tingkat Return On Investment. Profitabilitas perusahaan mengalami kenaikan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengindikasikan bahwa sebaiknya PT. Jati Mesem Wagir, Malang dapat menggunakan modal kerja secara efisien dengan cara mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan kebijaksanaan kredit kepada perusahaan serta mempercepat perputaran piutang karena semakin cepat perputarannya akan semakin tinggi tingkat Return On Investment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 06:33
Last Modified: 25 Jul 2012 06:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item