PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP KEBISINGAN PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 4K 1300 cc MENGGUNAKAN KNALPOT STANDART DAN CATALYTIC CONVERTER

PURNAWAN, ENDRA (2006) PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP KEBISINGAN PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 4K 1300 cc MENGGUNAKAN KNALPOT STANDART DAN CATALYTIC CONVERTER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PUTARAN_MESIN_TERHADAP_KEBISINGAN_PADAMOBIL_TOYOTA_KIJANG_4K_1300_cc_MENGGUNAKANKNALPOT_STANDART_DAN_CATALYTIC_CONVERTER.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Catalytic converter adalah salah satu alat yang berfungsi untuk menyaring gas buang sisa hasil pembakaran dari ruang bakar. Dimana apabila dimodifikasi sedemikian rupa alat ini juga dapat berfungsi sebagai peredam suara tambahan muffler. Dengan bentuk yang mirip muffler diharapkan selain untuk menyaring gas sisa hasil pembakaran juga mampu mengurangi kebisingan secara maksimal. Di samping itu alat ini juga dapat mempengaruhi performance motor bakar. Dan diharapkan dapat memperbaiki performance dan gas buang pada motor bakar. Adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan catalytic converter pada mobil toyota kijang 4K 1300 cc terhadap kebisingan jika dibandingkan dengan penggunaan knalpot standart. Dengan analisa data menggunakan metode analisa varian dan koefisien Hays (W2) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dengan penggunaan catalytic converter terhadap kebisingan pada mobil toyota kijang 4K 1300 cc. Sehingga dapat menurunkan kebisingan 0,85% dan hal ini memenuhi tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:45
Last Modified: 25 Jul 2012 05:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item View Item