PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DENGAN SISTEM BAGI HASIL SEBAGAI ALTERNATIF PENDANAAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi pada Bank BNI Syariah Cabang Malang)

RAHAYU, INDARTI (2006) PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DENGAN SISTEM BAGI HASIL SEBAGAI ALTERNATIF PENDANAAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi pada Bank BNI Syariah Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBIAYAAN_MUSYARAKAH_DENGAN_SISTEM_BAGI_HASILSEBAGAI_ALTERNATIF_PENDANAANUSAHA_KECIL_MENENGAH.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penlitian ini merupakan penitian studi kasus pada Bank BNI Syariah Cabang Malang dengan Judul “PEMBIAYAAN MASYARAKAT DENGAN SISTEM BAGI HASIL SEBAGAI ALTERNATIF PENDANAAN USAHA KECIL MENENGAH”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembiayaan dengan prinsip bagi hasil secara ekonomis layak dijadikan alternatif pendanaan usaha kecil menengah. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pembiayaan masyarakat layak untuk dijadikan alternatif pendanaan usaha kecil menengah adalah dengan menganalisis kelayakanan apakah debitur layak untuk diberikan pendanaan dengan melihat usaha dan keuangan calon debitur. Hal perhitungan pembiayaan masyarakat pada Bank BNI Syariah didasarkan pada realisasi penjualan SPBU Kop. Koperasi Nurul Huda yang diproyekskan naik sebesar 10% dari penjualan tahun 2005. Total angsuran pembiayaan masyarakat tahun 2006 sebesar Rp. 19.414.150,95 dan total angsuran tersebut, terdapat selisih angsuran pembiayaan masyarakat tahun 2006 adalah Rp. 17.769.880,04. Dari kedua angsuran tersebut, terdapat selisih angsuran pembiayaan masyarakat dengan pembiayaan pada bank konvensional sebesar Rp. 411.067,73 per bulan. Dari hasil penelitian tersebut, pembiayaan musyarakah yang digunakan bisa dijadikan sebagai alternatif pendanaan usaha kecil menengah, karena resiko yang ditimbulkan oleh pembiayaan musyarakah relatif kecil dibandingkan dengan resiko yang ditimbulkan oleh pembiayaan pada bank konvensinal. Pada Bank BNI Syariah perhitungan angsuran didasarkan pada proyeksi penjualan, apabila debitur penjualannya mengalami penurunan, maka debitur membayar pada Bank BNI Syariah pada hutang dan bunga, jadi apabila debitur mengalami kesulitan dalam pembayaran sebesar angsuran dan bunga yang sudah ditetapkan diawal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:44
Last Modified: 25 Jul 2012 05:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item