ANALISA KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERIKLANAN DAN MEDIA YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN (2002-2005)

RAHAYU, IKA (2006) ANALISA KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERIKLANAN DAN MEDIA YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN (2002-2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
ANALISA_KINERJA_KEUANGANPERUSAHAAN_PERIKLANAN_DAN_MEDIAYANG_GO_PUBLIK_DI_BURSA_EFEK_JAKARTAPERIODE_TAHUN_(_2002_–_2005_).pdf

Download (180B)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan salah satu segi yang sering dipantau oleh para investor sebagai penanam modal. Perusahaan yang mempunyai kinerja keuangan yang baik diharapkan dapat memberikan pandangan yang positif kepada para investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Sehingga dengan adanya peningkatan modal maka perusahaan akan menghasilkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi. Begitu juga pada perusahaan periklanan dan media yang go publik di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2002 2005, dimana secara rata rata tingkat keuntungan perusahaan semakin meningkat dari tahun ketahun , bahkan meskipun ditahun 2005 permodalan makin menurun namun perusahaan masih tetap menghasilkan profit. Jika modal dibiarkan menurun secara terus menerus maka secara langsung akan berakibat buruk pada kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, sehingga diperlukan informasi tentang kinerja keuangan untuk menarik minat investor agar menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan periklanan dan media yang go publik di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2002 2005. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa likuiditas, profitabilitas, dan Solvabilitas. Kemudian masing-masing rasio dibandingkan dengan rata-rata industrinya. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa kinerja keuangan perusahaan periklanan dan media yang go publik di BEJ periode tahun 2002-2005. Dari aspek likuiditas secara umum dalam kondisi baik kecuali warking capital to total asset yang berada pada posisi buruk. Aspek profitabilitas rata-rata pada posisi buruk pada net profit margin dan net earning power ratio namun tidak pada gross profit margin yang berada pada posisi bagus. Aspek solvabilitas dalam kondisi baik pada total debt to total asset namun tidak pada total debt to total equity. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa. Secara umum perusahaan periklanan dan media yang go publik di BEJ periode tahun 2002-2005 perlu memperbaiki warking capital to total asset, net profit margin, net earning power ratio, dan total debt to total equity dengan jalan meningkatkan modal kerja, mengurangi biaya biaya baik biaya oprasional maupun non oprasional, mengurangi total hutang baik hutang lancar maupun hutang jangka panjang serta meningkatkan ekuitas perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:43
Last Modified: 25 Jul 2012 05:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item