KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU PADA MUSIM KEMARAU (Juni-Juli 2005) DI TAMAN WISATA ALAM BANTIMURUNG KEC. BANTIMURUNG KAB. MAROS SULAWESI SELATAN

PUJIASTUTI, PUJIASTUTI (2006) KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU PADA MUSIM KEMARAU (Juni-Juli 2005) DI TAMAN WISATA ALAM BANTIMURUNG KEC. BANTIMURUNG KAB. MAROS SULAWESI SELATAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KEANEKARAGAMAN_KUPU.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang keanekaragaman kupu-kupu pada musim kemarau (Juni-Juli 2005) di Taman Wisata Alam Bantimurung Kec. Bantimurung Kab. Maros Sulawesi selatan. Taman Wisata Alam Bantimurung merupakan salah satu kawasan yang terkenal dengan keanekaragaman species kupu-kupunya. Oleh karena keindahannya, maka kupu-kupu banyak digemari dan dicari orang, hal ini mengakibatkan munculnya peluang kerja bagi masyarakat setempat sebagai pemburu dan penangkap kupu-kupu untuk diperdagangkan. Dimana perburuan tersebut dapat mengakibatkan kepunahan bagi kupu-kupu itu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan sampel species kupu-kupu yang ditemukan di sepanjang transek sebagai jalur pengamatan. Hasil penelitian diidentifikasi dan dideskripsi dengan menggunakan buku identifikasi Tsukada dan Nishiyama (1982), Bernard D’Abrera (1982). Hasil identifikasi dan deskripsi dikonfirmasikan kebenarannya di LIPI – Bogor. Untuk analisis populasi parameter yang digunakan adalah kepadatan absolut, kepadatan relatif, frekuensi dan frekuensi relatif. Keanekaragaman kupu-kupu pada musim kemarau (Juni-Juli 2005) adalah 31 species, yang tergolong dalam 4 familia yaitu; Familia Lycaenidae, Familia Nymphalidae, Familia Pieredae, dan Familia Papilionidae. Familia Lycaenidae terdiri dari genus yaitu Arhopala, dan 1 species kupu-kupu. Familia Nymphalidae terdiri dari 11 genus yaitu Anosia, Cethosia, Euploea, Faunis, Idea, Ideopsis, Lexias, Moduza, Neptis, Rhinopalpa, Vindula. Dari 11 genus tersebut terdapat 13 species kupu-kupu. Familia Pieridae terdiri dari 3 genus yaitu Catopsilia, Cepora, Hebomoia, dan berjumlah 3 species kupu-kupu. Familia Papilionidae terdiri dari 5 genus yaitu Graphium, Lamproptera, Pachliopta, Papilio, Troides. Dari dari 5 genus tersebut terdapat 14 species kupu-kupu. Dan populasi kupu-kupu pada musim kemarau (Juni-Juli 2005) di kawasan TWA Bantimurung menunjukan perbedaan jumlah species dan tingkat populasi pada tiga daerah, dimana pada daerah penangkaran dan daerah pinggir tebing di sekitar area perumahan masyarakat mempunyai jumlah species yang lebih banyak dan populasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah di sekitar Danau Kasi Kebo, hal ini diakibatkan oleh perbedaan komponen penyusun habitat ketiga daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:35
Last Modified: 25 Jul 2012 05:35
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item