Pengaruh Pemberian Dekok Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) Terhadap Kualitas Spermatozoa Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Rohaniyah, Luluk (2006) Pengaruh Pemberian Dekok Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) Terhadap Kualitas Spermatozoa Tikus Putih (Rattus norvegicus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pengaruh_Pemberian_Dekok_Daun_Jambu_Biji_Merah.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Daun jambu biji merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai obat antidiare. Namun manfaat daun jambu biji merah sebagai antifertilitas secara tradisional masih kurang diketahui karena masyarakat umum beranggapan bahwa peranan perempuan dalam penggunaan kontrasepsi lebih besar daripada kaum pria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daun jambu biji merah (Psidium guajava L) terhadap kualitas (motilitas, abnormalitas, livibilitas dan mortalitas ) spermatozoa yang diujikan pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus). Jenis penelitian ini termasuk True Eksperimen Research. Parameter yang digunakan adalah motilitas, abnormalitas, livibilitas dan mortalitas spermatozoa. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih jantan yang diambil dari UNAIR surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 25 ekor, terbagi dalam 5 perlakuan masing-masing terdiri atas 5 ulangan, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), sedangkan Teknik analisis data untuk motilitas, abnormalitas, livibilitas dan mortalitas dengan anava 1 faktor dilanjutkan uji BNT 1% untuk mengetahui perlakuan yang terbaik, Penelitian ini dilaksanakan di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Singosari dan di Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah malang. Berdasarkan hasil analisis varians menunjukkan Fhitung>Ftabel pada taraf signifikan (0,01), menunjukkan bahwa pemberian dekok daun jambu biji merah (Psidium guajava L) berpengaruh sangat nyata terhadap kualitas (motilitas, abnormalitas, livibilitas dan mortalitas ) spermatozoa tikus putih. Perlakuan terbaik yang mampu menurunkan motilitas, livibilitas spermatozoa serta meningkatkan abnormalitas, mortalitas adalah dosis dekok daun jambu biji merah (Psidium guajava L) adalah 10 gr/hr.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:44
Last Modified: 25 Jul 2012 04:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13203

Actions (login required)

View Item View Item