ANALISIS USAHA PENJUALAN LALAPAN IKAN AIR TAWAR DI SEKITAR KAMPUS III UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

PRIYADI, ACHMAD (2006) ANALISIS USAHA PENJUALAN LALAPAN IKAN AIR TAWAR DI SEKITAR KAMPUS III UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_USAHA_PENJUALAN_LALAPAN_IKAN_AIR_TAWAR_DI_SEKITAR_KAMPUS_III_UNIVERSITAS_MUHAMMADIYAH_MALANG.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di sekitar kampus III Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan Oktober 2005. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari kebutuhan ikan segar air tawar (ikan lele dumbo dan belut) yang dibutuhkan oleh pengusaha warung lalapan ikan segar air tawar dalam penjualannya. Rantai pemasaran dan analisa usaha lalapan ikan segar air tawar di sekitar kampus III UMM. Methode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan trehnik survey. Obyek dari penelitian adalah pedagang lalapan ikan yang ada di sekitar kampus III UMM. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara observasi dan wawancara.pengambilan sample ditentukan secara acak yaitu sebanyak 17 rseponden di sekitar kamnpus III UMM, yang ada di 4 Desa yaitu : Desa Mulyoagung, Desa Tlogomas, Desa Landungsari, Dan Desa Tegalgondo. Analisa data yang digunakan yaitu analisis keuntungan, penerimaan, analisis pay back period dan analisis Break Event Point (BEP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan yang habis terjual rata-rata selama 1 bulan untuk ikan lele dumbo di Desa Mulyoagung sebanyak 57,6 kg, Tlogomas sebanyak 79,3 kg, Landungsari sebanyak 69,6 kg, Tegalgondo sebanyak 56,5 kg untuk kebutuhan ikan belut di desa Mulyoagung sebanyak 34 kg, Tlogomas 32,3 kg, Landungsari sebanyak 33,3 kg dan Desa Tegalgondo sebanyak 22,5 kg, sedangkan alur rantai pemasarannya yaitu : produsen/petani ikan pedagang besar pedagang pengecer di pasar pembeli warung lalapan/ada yang dari petani konsumen akhir. Factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan usaha penjualan lalapan ikan adalah ketersediaan belut yang kurang pasokannya di pasaran, serta hari libur. Dari hasil penelitian disarankan untuk pemerintahan desa di sekitar kampus untuk menghimbau masyarakatnya untuk membudidayakan belut dengan skala rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Fishery
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:10
Last Modified: 25 Jul 2012 04:10
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item