“DEMOKRASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN” (Studi pada Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Krenceng Kepung Kediri)

PRIBADI, M. BAGUS EKO (2006) “DEMOKRASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN” (Studi pada Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Krenceng Kepung Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
DEMOKRASI_PENDIDIKAN_DI_PONDOK_PESANTREN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Demokrasi adalah “ Gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga Negara”. Dalam pendidikan demokrasi ditunjukkan dengan pemusatan perhatian serta usaha pada si anak didik dalam keadaan sewajarnya ( intelegensinya, kesehatannya, keadaan sosial dan sebagainya ), dengan demikian demokrasi pendidikan merupakan pandangan hidup yang mengutarakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama didalam berlangsungnya proses pendidikan antara pendidik dan anak didik, serta juga dengan pengelola pendidikan. Dengan adanya demokrasi pendidikan tersebut membuat beberapa pusat pendidikan formal dan non formal melaksanakannya dengan harapan dapat membangkitkan minat belajar dan membentuk siswa-siswi yang produktif dalam berbagai hal, hal ini yang mendasari pondok pesantren Fathul `Ulum juga berperan aktif dalam pelaksanaan demokrasi pendidikan tersebut, dalam penerapannya pesantren ini tidak saja memberikan materi agama sebagai materi pokok akan tetapi para santrinya juga diberikan materi-materi diluar agama yang dimasukkan dalam ektrakurikuler pesantren. Ektrakurikuler tersebut antara lain seperti sablon, salon, percetakan peternakan dan pertanian. Tidaka hanya itu pesantren juga membebaskan para santrinya mencari ilmu lain seperti Bahasa inggris dan Tehnik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah santri pondok pesantren Fathul `Ulum, dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dapat diartikan pemecahan masalah melalui penggambaran atau pelukisan keadaan obyek berdasarkan fakta yang tampak. Dari analisa tersebut dapat diketahui bahwa didalam lingkungan pendidikan dipondok pesantren Fathul `Ulum terdapat demokrasi pendidikan, dengan adanya demokrasi pendidikan yang diterapkan dipondok pesantren Fathul `Ulum tersebut diharapkan mampu menumbuhkan keinginan belajar yang lebih dari para santri karena santri dibebaskan mempelajari segala sesuatu yang memang untuk mencerdaskan dan membuat para santri itu lebih kreatif. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada berbagai pihak yang terkait dapat menjadikan sebagai masukan dan sumber informasi dalam upaya meningkatkan pelaksanaan demokrasi pendidikan di pondok pesantren. Dengan adanya demokrasi tersebut diharapkan lulusan pondok pesantren mampu bersaing dan lebih produktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:56
Last Modified: 25 Jul 2012 03:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13171

Actions (login required)

View Item View Item