ANALISA KEGAGALAN TERHADAP KERUSAKAN WATER TUBEPADA KETEL UAP YOSHIMINE ( KAPASITAS 80 TON/ JAM ) DI PABRIK GULA KEBON AGUNG MALANG

PRAYITNO, TEGUH (2006) ANALISA KEGAGALAN TERHADAP KERUSAKAN WATER TUBEPADA KETEL UAP YOSHIMINE ( KAPASITAS 80 TON/ JAM ) DI PABRIK GULA KEBON AGUNG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_KEGAGALAN_TERHADAP_KERUSAKAN_WATER_TUBEPADA_KETEL_UAP_YOSHIMINE.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Water Tube merupakan bagian ketel uap yang rawan terjadi kegagalan (failure) operasi atau konstruksi. Hal ini terutama karena pada operasi ketel uap, water tube menerima kombinasi beban mekamis berupa tekanan uap dan beban termal berupa temperatur uap yang relatif tinggi.Temperatur kerja yang tinggi ini menyebabkan perubahan sifat fisik dan mekanis (penurunan kekuatan) material pipa. Dalam penelitian ini ada 3 cara yang digunakan untuk menganalisa yaitu pertama dengan metode statistik dimana digunakan untuk menganalisa data yang di dapat dari observasi lapangan yaitu berupa tekanan uap keluar, temperatur uap keluar dan kapasitas uap keluar yang dihasilkan, kedua dengan melakukan analisa tegangan pada pipa dan yang ketiga dengan menggunakan analisa deformasi akibat perubahan suhu. Dari hasil pengolah data ditarik suatu kesimpulan bahwa tekanan uap keluar dan kapasitas uap keluar yang dihasil dalam pengamatan rata-rata menunjukkan ketel uap beroperasi pada daerah aman terhadap tekanan dan kapasitas kemampuan kerjanya, sedangkan temperatur uap keluar yang dihasilkan dalam pengamatan rata-rata melewati temperature uap yang disyaratkan atau over heating. Berdasarkan dari analisa deformasi akibat perubahan suhu, tebal dinding water tube mengalami perubahan dimensi kearah radial yang mana perubahan ini yang menjadi penyebab kerusakan dari water tube. Jadi yang menjadi penyebab atau faktor utama kerusakan yang terjadi pada water tube adalah pengaruh perubahan suhu yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:49
Last Modified: 25 Jul 2012 03:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

View Item View Item