EVALUASI NILAI KECERNAAN SERAT KASAR (SK) DAN LEMAK KASAR (LK) BERBAGAI JENIS TEPUNG JAHE (Zingiber officinale Rosc) PADA AYAM PEDAGING

S, INDRAWATI (2006) EVALUASI NILAI KECERNAAN SERAT KASAR (SK) DAN LEMAK KASAR (LK) BERBAGAI JENIS TEPUNG JAHE (Zingiber officinale Rosc) PADA AYAM PEDAGING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_NILAI_KECERNAAN_SERAT_KASAR.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2005 sampai dengan 11 September 2005, bertempat di Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tepung jahe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Masing-masing diulang lima kali dengan tiga perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis variasi kemudian jika terdapat perbedaan diuji Beda Nyata Terkecil (BNT). Rataan kecernaan Serat Kasar (SK) pada perlakuan P1 55,29 persen, P2 60,79 persen, dan P3 59,03 persen. Adapun tataan kecernaan untuk Lemak Kasar (LK) pada perlakuan P1 81,47 persen, P2 82,19 persen, dan P3 81,49 persen. Hasil analisis dari kecernaan Serat Kasar (SK) dan Lemak Kasar (LK) tidak berpengaruh nyata diduga karena kandungan Serat Kasar (SK) dan Lemak Kasar (LK) dalam tepung jahe tidak berbeda nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan jenis tepung jahe tidak berpengaruh nyata terhadap kecernaan Serat Kasar dan Lemak Kasar. Kesimpulan dan saran dari hasil penelitian ini adalah pemberian tepung jahe tidak berpengaruh nyata terhadap Serat Kasar dan Lemak Kasar. Oleh karena itu semua bahan pakan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pakan tambahan unggas khususnya ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:47
Last Modified: 25 Jul 2012 03:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item