IMPLEMENTASI REMIDIAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Studi Kasus di SD se Kota Malang)

PRATI RAHAYU, APRI (2006) IMPLEMENTASI REMIDIAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Studi Kasus di SD se Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_REMIDIAL_PADA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BERDASARKAN_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSI.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2004 biasa disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pembelajaran KBK merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performasi tertentu sehingga hasilnya dapt dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. (Mulyasa, 2004:39). Pengajaran matematika hendaknya bertahap dan berurutan agar siswa tidak kesulitan untuk mempelajari pelajaran selanjutnya. Berdasarkan kurikulum 2004 terdapat pengembangan konsep belajar tuntas (mastery learning). Berdasarkan prinsip belajar tuntas terdapat dua kegiatan penting yaitu pengayaan dan perbaikan (remidial). Perbaikan (remidial) diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Dalam penelitian ini ingin diketahui implementasi remidial pada pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus di SD se Kota Malang). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi Sekolah Dasar yang mengadakan pengajaran remidial di Kota Malang yang mempunyai nilai akreditasi dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Dengan metode pengambilan sampel Cluster Random Sampling , maka sampel dalam penelitian ini adalah SD N Oro-oro Dowo, SD Muhammadiyah I, SD N Tunjung Sekar I, SD K Santo Yusup III, SD K Mardiwiyata II, SD N Rampal Celaket II, SD N Mergosono II, SD N Sukoharjo I, SD N Bareng I, SD N Ciptomulyo IX, SD N Bandulan IV, SD NU Bahrul Ulum, SD N Kotalama I, SD N Sukoharjo II, SD N Kebonsari IV, SDN Merjosari I, dan SDN Sumbersari IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab pengajaran remidial yaitu dikarenakan siswa sering tidak masuk sekolah dan jarang mengumpulkan mengumpulkan tugas. Implementasi pembelajaran remidial yang dilaksanakan di SD se Kota Malang, dapat diketahui bahwa waktu yang disediakan kurang mencukupi, tempat pelaksanaan pengajaran remidial didalam kelas, siswa yang diremidi 17% dari jumlah siswa dalam satu kelas, kegiatan belajarnya dilakukan oleh guru kelas sendiri, guru tidak membuat Rencana Pembelajaran remidial, bentuk pengajaran remidial yang dilaksanakan oleh guru disekolah yaitu dengan menjelaskan lagi materi yang belum dikuasai siswa, memberi tugas siswa dan mengerjakan lagi soal-soal yang siswa banyak melakukan kesalahan, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan individual, dan evaluasi dilakukan dengan tes lisan dan tes tulis. Faktor-faktor yang menghambat implementasi pembelajaran remidial yaitu faktor dari guru, sarana, siswa dan waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:43
Last Modified: 25 Jul 2012 03:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item