ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA (Pada Pabrik Bumbu Masak Instan Hidayah Junrejo-Batu)

QOMARIYAH, NURUL (2006) ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA (Pada Pabrik Bumbu Masak Instan Hidayah Junrejo-Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_HUBUNGAN_TINGKAT_PRODUKTIVITASTENAGA_KERJA_WANITA%28Pada_Pabrik_Bumbu_Masak_Instan_Hidayah_Junrejo_-_Batu%29.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Pabrik bumbu masak instant HIDAYAH yang terletak di Kecamatan Junrejo batu dengan judul Analisis Produktifitas Tenaga Kerja Wanita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah factor umur, lama jam kerja dan jumlah tanggungan keluarga dan tingkat upah mempunyai hubungan dengan tingkat produktifitas kerja dari tenaga kerja wanita pada pabrik bumbu masak instant HIDAYAH. Dalam penelitian ini diambil satu hipotesis yaitu diduga factor umur, lama jam kerja, dan jumlah tangungan keluarga mempunyai hubungan dengan tingkat produktifitas tenaga kerja wanita yang bekerja pada pabrik bumbu masak instant HIDAYAH. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah factor umur, lama jam kerja dan jumlah tanggungan keluarga dan tingkat upah mempunyai hubungan dengan produktifitas kerja adalah uji Chi Square dimana dari hasil pengujian ini maka dapat diketahui apakah variabel variabel bebas mempunyai hubungan dengan variabel terikat. Dan dari perhitungan dengan mengunakan alat analiisis Chi Square didapat: Dari keempat variabel bebas terdapat tiga variabel yang saling mempengaruhi yaitu variabel lama jam kerja (X2), variabel jumlah tanggungan keluarga (X3), dan variabel tingkat upah (X4). Dikatakan mempengaruhi karena nilai dari X2 hitung > X2 tabel. Pabrik bumbu masak instan HIDAYAH merupakan sebuah UKM yang bergerak dalam bidang pengolahan bumbu masak yang terbuat dari bahan alami dengan tanpa mengunakan bahan penawet. Pabrik ini mempunyai daerah pemasaran dikota Malang dan kota sekitarnya. Modal yang digunakan pabrik ini berasal dari modal sendiri dengan tanpa adanya kredit dari koperasi. Dari hasil kesimpulan diatas maka dapat disarankan bahwa untuk mengembangkan usahanya pabrik bumbu masak instan HIDAYAH dapat bergabung dalam anggota kemitraan yang tergabung dalam koperasi dengan cara pemberian kredit dari koperasi kepada para UKM yang dapat digunakan sebagai modal untuk memperluas usahanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:38
Last Modified: 25 Jul 2012 03:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item