AKTIFITAS HUMAS PERUSAHAAN ROKOK DALAM MEMBENTUK CITRA PADA MASYARAKAT SEKITAR(Studi Aktifitas Eksternal Relation Pada Divisi Humas Perusahaan Rokok Adibungsu Malang)

Mu’adz B. J., Mu’adz B. J. (2006) AKTIFITAS HUMAS PERUSAHAAN ROKOK DALAM MEMBENTUK CITRA PADA MASYARAKAT SEKITAR(Studi Aktifitas Eksternal Relation Pada Divisi Humas Perusahaan Rokok Adibungsu Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AKTIFITAS_HUMAS_PERUSAHAAN_ROKOK_DALAM_MEMBENTUKCITRA_PADA_MASYARAKAT_SEKITAR.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan fungsi humas perusahaan rokok adibungsu dalam membentuk citra pada masyarakat sekitar merupakan tema yang dipilih oleh peneliti karena adanya kebutuhan akan pengetahuan yang lebih dalam tentang humas dalam membentuk citra positif pada masyarakat komunitas. Dimana citra tersebut apabila telah dibina atau paling tidak dikelola oleh humas maka akan berkembang menjadi citra negatif yang akanmerugikan perusahaan rokok Adibungsu. Kesalahpahaman antaraperusahaan dengan masyarakat sekitar dapat berlanjut pada aksi-aksi yang tidak diharapkan. Oleh karena itu aktifitas-aktifitas humas dalam membangun citra positif sangat penting demi kelangsungan perusahaan. Penelitian ini menjawab pertanyaan aktifitas apa sajakah yang dilakukan oleh Humas Perusahaan Rokok Adibungsu dalam membentuk citra positif pada masyarkat sekitar? Untuk mendukung hal tersebut, peran humas sangatlah diperlukan. Petugas humas merupakan ujung tombak dalam membentuk citra positif pada masyarakat sekitar. Aktifitas humas dalam membina hubungan dengan masyarakat sekitar lebih banyak menitikberatkan pentingnya partisipasi yang nyata. Partisipasi tersebut dapat berupa partisipasi buah pikiran, tenaga, harta benda, ketrampilan dan partisipasi sosial. Aktifitas yang riil dilakukan humas terhadap masyarakat sekitar dapat disebutkan antara lain aktifitas-aktifitas, sponshorship, kunjungan perusahaan, pertemuan dengan pemuka-pemuka pendapat, dan kunjungan perusahaan ke lembaga komunitas. Berbagai aktifitas humas tersebut akan mengindikasikan kepada model humas serta citra yang tumbuh di dalam masyarakat sekitar tentang perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif denganpendekatan peneitian naturalistik. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan wawancara mendalam terhadap responden. Pemilihan responden atau informan dilakukan secara purposif, untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa aktifitas humas perusahaan rokok adibungsu dalam membina publik antara lain : Program Sponshorship, dengan membentuk kesebelasan sepakbola, dan memberikan sumbangan-sumbangan. Kegiatan Open House, Pertemuan dengan pemuka pendapat, perusahan di lembaga komunitas, pengadaan kalender, jadwal sholat dan puasa. Adapun kendala-kendala yang dihadapi humas perusahaan rokok dalam rangka membentuk citra positif adalah perangkapan jabatan humas dengan jabatan lain, minimnya petugas humas yang ada, sarana dan prasarana yang belum memadai. Dari hasil penelitian ini menunjukkan pula bahwasanya masyarakat sekitar memiliki “current image” cukup positif. Masyarakat mengetahui keberadaan perusahaan rokok akan tetapi tidak semuanya mengethaui program-program kehumasan perusahaan tersebut untuk mereka. Dari hasil penelitian ini pula dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: perlunya pengakuan lebh eksistensi humas, perlunya memilah dan memilih program yang tepat, penambahan sarana dan prasarana, untuk itu perlu suatu inovasi guna lebih memaksimalkan fungsi kehumasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 25 Jul 2012 03:31
Last Modified: 25 Jul 2012 03:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item