Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dari Sektor Pajak Reklame (Studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Probolinggo)

PRAJA JATMIKA, PUNGKY (2006) Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dari Sektor Pajak Reklame (Studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Upaya_Pemerintah_Daerah_Kabupaten_Probolinggo_Dalam_Meningkatkan_Pendapatan_Asli_Daerah.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan UU No.32 Tahun 2004 dan UU No.33 Tahun 2004 telah menyebabkan perubahan yang mendasar mengenai pengaturan hubungan Pusat dan Daerah, khususnya dalam bidang administrasi pemerintahan maupun dalam hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, yang dikenal sebagai era Otonomi Daerah. Dengan diberlakukannya Otonomi Daerah, daerah dituntut dapat lebih bijaksana lagi dalam peningkatkan pendapatan asli daerah dan tidak selalu mengandalkan bantuan dari pusat lagi. Salah satu sumber pendapatan daerah adalah berasal dari sektor pajak, yang telah diatur dalam UU RI No.34 Tahun 2000 tentang perubahan atas UU RI No. 18 Tahun 1997 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Keputusan dibidang perpajakan di daerah Probolinggo yaitu diatur dalam Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Probolinggo No.17 Tahun 1999 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kab. Probolinggo No.6 Tahun 1998 Tentang Pajak Reklame Kab. Daerah tingkat II Probolinggo. Untuk mengenalkan produk kepada masyarakat, salah satu media pendukungya adalah Reklame. Pajak Reklame adalah iuran wajib yang dilakukan oleh orang, pribadi atau badan kepala daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang, yang dapat dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan daerah. Setiap tahun perolehan pendapatan dari sektor reklame selalu melebihi target yang ditentukan, kontribusi pajak reklame setiap tahunnya mengalami kenaikan. Meskipun hanya memberi kontribusi kecil kepada PAD hanya sebesar 0,11%, akan tetapi pajak reklame menjadi sumber pendapatan potensial bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak reklame diperlukan strategi-strategi yang mendukung program peningkatan pendapatan dari sektor pajak reklame. Dengan rumusan masalah bagaimanakah upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Reklame, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan upaya-upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Reklame, dengan cara berupa Intensifikasi dan Ekstensifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan subyek populasinya adalah Dinas Pendapatan Daerah dan obyek populasinya adalah para wajib pajak reklame, dan data diperoleh dari hasil interview dan dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hal yang diteliti. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif yaitu data yang telah diperoleh berdasarkan indikator penelitian disusun dalam kategori tertentu kemudian direduksi dan di display dan akhirnya dianalisa dengan melakukan pemaparan serta interpretasi secara komperhensif dan mendalam. Dari hasil penelitian upaya dinas pendapatan daerah kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak reklame adalah berupa intensifikasi pajak reklame dengan cara peningkatan efektivitas pemungutan pajak reklame, penerbitan Perda mengenai pajak reklame, sosialisasi Perda kepada masyarakat, penertiban pembayaran pajak oleh wajib pajak, intensifikasi penagihan pajak reklame, penghargaan kepada wajib pajak, kemampuan aparat pelaksana, pengawasan terhadap petugas pengelolaan pajak reklame, sanksi terhadap wajib pajak maupun petugas pajak jika terjadi pelanggaran. Upaya dinas pendapatan daerah kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak reklame juga dilakukan melalui ektensifikasi dengan cara mencari jenis pajak baru yang berpotensi di daerah, pemgesahan jenis pajak daerah baru yang bukan menjadi kewenamgan daerah, dan studi lapangan pada daerah lain. Setelah melakukan analisa data maka, dapat diambil kesimpulan bahwa kebijaksanaan Pemerintah Daerah yang sangat tepat saat ini untuk meningkatkan penerimaan daerah dalam jangka pendek sebaiknya dititikberatkan pada intensifikasi pemungutan pajak yaitu mengoptimalkan jenis-jenis pungutan pajak daerah dan retribusi daerah yang sudah ada. Strategi yang telah dilakukan Dispenda adalah intensifikasi dan ekstensifikasi yang sudah menjadi agenda kebijakan Dispenda Kabupaten Probolinggo. Intensifikasi lebih mudah di formulasikan dengan membuat kebijakan dengan melihat potensi pajak reklame. Sedangkan ekstensifikasi harus terus dilakukan dengan menambah jumlah pungutan baru dan mengadakan perbandingan dengan daerah lain. Dengan strategi yang baik diharapkan kontribusi pajak reklame sebagi sumber PAD terus mengalami peningkatan dalam menunjang pembangunan Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:52
Last Modified: 25 Jul 2012 02:52
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item