ANALISA KINERJA KEUANGAN DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung)

PITOYO, PURWOKO ADI (2006) ANALISA KINERJA KEUANGAN DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_KINERJA_KEUANGAN_DAERAH_PADAPEMERINTAH_DAERAH_KABUPATEN_TEMANGGUNG.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik daripada masa yang lalu yaitu masa Orde Baru. Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan Negara dan pembangunan nasional untuk mencapai masyarakat adil makmur dan merata berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Pasal 1 UUD 1945 menetapkan Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk Republik. Selanjutnya dalam Pasal 18 UUD 1945 beserta penjelasannya menyatakan bahwa daerah Indonesia terbagi dalam daerah yang bersifat otonom atau bersifat daerah administrative. Kedua pasal dari UUD 1945 tersebut diatas diperkuat lagi dengan adanya peraturan pemerintah yaitu undand-undang Nomor 22 tahun 1999, Pasal 1 huruf h yang isinya antara lain adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan. Dengan adanya peraturan pemerintah tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung harus mampu untuk mengelola keuangan daerahnya serta mempunyai kewenangan dan tanggungjawab menyelenggarakan kepentingan masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip keterbukaan, partisipasi masyarakat dan pertanggungjawaban masyarakat Tujuan pada penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan apakah sudah sesuai dengan target kinerja yang direncanakan. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut jenis penelitian yang digunakan adalah penulisan studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan langsung ke obyek penelitian dengan maksud agar memperoleh data dan keterangan yang lengkap sesuai dengan masalah yang akan dibahas Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung belum sepenuhnya mempunyai kemandirian dalam membiayai sendiri kebutuhan daerah, seperti pembangunan dan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu apabila akan diperoleh suatu kemandirian keuangan daerah maka masih perlu banyak menggali potensi-potensi daerah yang bisa menjadi Sumber Pendapat Daerah. Efektifitas pada Pemeribntah Daerah Kabupaten Temanggung belum sepenuhnya dicapai karena realisasi dari Pendapatan Asli Daerah belum sesuai dengan target yang direncanakan. Perbandingan anggaran antara pendapatan dan belanja masih belum seimbang. Oleh karena itu Pemerintah daerah Kabupaten Temanggung perlu mengelola potensi dasar yang menjadi pokok dalam pembangunan daerah sehingga pelaksanaan pembangunan tidak dilaksanakan secara sepihak, jadi bisa diketahui hal-hal apa saja yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:40
Last Modified: 25 Jul 2012 02:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item