STUDI TENTANG TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMAN II JOMBANG

Mujahidah, Siti (2006) STUDI TENTANG TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMAN II JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_TENTANG_TANGGAPAN_SISWA_TERHADAP_PENERAPAN_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSI.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan yang berdasarkan kebutuhan nyata di masyarakat dan dunia kerja, pemerintah memprogramkan kurikulum baru yang diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, minat peserta didik. Program pendidikan yang diprioritaskan adalah pendidikan dengan menggunakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). KBK merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan melakukan (kompetensi) tugas-tugas standar dengan performansi tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar ini akan berlangsung dengan baik bila terjadi hubungan atau interaksi yang serasi antara guru dan siswa, Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar siswa harus didudukkan sebagai subyek dalam pembelajaran yang nantinya sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Untuk memaksimalkan hal tersebut maka diperlukan suatu tanggapan dari siswa, dimana siswa sebagai pihak yang ingin meraih cita-cita, memiliki tujuan, dan kemudian ingin mencapainya secara optimal. Sehingga dengan adanya tanggapan siswa dapat dijadikan upaya untuk memaksimalkan penggunaan kurikulum berbasis kompetensi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN II Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penerapan KBK di SMAN 2 Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Dengan jumlah populasi sebanyak 375 siswa dan pengambilan sampel sebanyak 15% dari jumlah yang ada yaitu 57 siswa. Varibelnya adalah tanggapan siswa, sedangkan metode pengambilan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data angket yang diperoleh disajikan dalam bentuk analisis persentase dan hasil akhir ditentukan dengan mencari nilai rata-rata (mean) dan menentukan interval dari setiap jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di SMAN 2 Jombang yang meliputi pendekatan pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan guru, yang terbagi dalam 7 indikator yaitu: aspek empat pilar pendidikan dari UNESCO, aspek konstruktivisme, aspek inquiri, aspek SALINGTEMAS, aspek pemecahan masalah, aspek bermuatan nilai, dan aspek penilaian berbasis kelas adalah sangat baik. Hal ini terbukti dengan didapatkan nilai hasil akhir perhitungan yaitu sebanyak 2.52 dari rata-rata jawaban responden (siswa) menyatakan sebagian besar guru di SMAN 2 telah berusaha melakukan pendekatan dan penilaian pembelajaran yang disesuaikan dengan KBK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:38
Last Modified: 25 Jul 2012 02:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item