PERSEPSI MASYARAKAT KOTA MALANG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIJINAN KOTA MALANG

PERMATASARI, DINI (2006) PERSEPSI MASYARAKAT KOTA MALANG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIJINAN KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_MASYARAKAT_KOTA_MALANG_TERHADAP_PELAYANAN_PUBLIK_DI_DINAS_PERIJINAN_KOTA_MALANG.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya Otonomi Daerah, banyak Kabupaten/Kota berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang perijinan, dengan cara mendirikan unit/ instansi kerja yang tugasnya memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan pelayanan publik di Dinas Perijinan Kota Malang dalam rangka memudahkan masyarakat Kota Malang dalam mengurus sesuatu ijin, terutama tentang prosedur pelayanan, transparansi biaya, ketetapan penyelesaian dan sejenisnya agar iklim investasi maupun perkembangan sosial ekonomi masyarakat dapat distimulir dengan baik. Akan tetapi masih terlihat, masyarakat yang mengeluhkan tentang rendahnya kualitas pelayanan perijinan yang diterimanya. Hal ini disebabkan, karena kualitas pelayanan yang diberikan seringkali tidak dapat sepenuhnya memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga masih banyak masyarakat pengguna layanan yang mengajukan kritik, saran atau pengaduan melalui surat, telephone atau datang langsung ke bagian pengaduan di Dinas Perijinan Kota Malang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di Dinas Perijinan Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode deskriptif. Dimana penulis menggambarkan atau melukiskan obyek yang diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data yang meliputi beberapa daftar pertanyaan secara tertulis yang disusun sedemikian rupa (kuesioner), wawancara, observasi dan melalui literatur-literatur berupa catatan-catatan, website, koran, agenda dan lain-lain yang sifatnya mendukung data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian. Dalam analisa data, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif statistik (%) persentase, dimana penulis gunakan dengan pertimbangan bahwa data-data yang diperoleh di lapangan berdasarkan atas data yang ada dan data yang diperoleh tersebut dikuantifikasikan, diangkakan sekedar untuk mempermudah penggabungan dua atau lebih variabel, kemudian setelah terdapat hasil akhir maka dikualifikasikan kembali. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat Kota Malang terhadap pelayanan publik di Dinas Perijinan Kota Malang mendapat penilaian yang cukup baik oleh masyarakat pengguna layanan, sebab masyarakat merasakan sendiri pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan sudah mengalami sedikit perbaikan walaupun tidak sepenuhnya, sehingga dalam hal ini perlu adanya perbaikan atas kekurangan-kekurangan yang ada. Kesimpulannya adalah bahwa untuk meningkatkan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di bidang perijinan, maka perlunya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap tata cara dan tata urutan pelayanan perijinan serta mekanisme penyampaian pengaduan, dengan demikian perlunya petugas pelayanan untuk selalu menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan perijinan secara jelas, pasti dan transparan kepada masyarakat pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:37
Last Modified: 25 Jul 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item