NILAI KEMANUSIAAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik pada Iklan Bank BNI 46 Versi “People Helps Each Other”)

SANTOSO, EDI (2006) NILAI KEMANUSIAAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik pada Iklan Bank BNI 46 Versi “People Helps Each Other”). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
NILAI_KEMANUSIAAN_DALAM_IKLAN_TELEVISI.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan kuantitas iklan televisi dewasa ini, tentu saja berimbas pada persaingan untuk mendapatkan sebanyak mungkin share audiens. Akibatnya, sebuah iklan televisi tidak hanya harus memperhitungkan tingkat kejelasan informasi tentang produk barang atau jasa yang diiklankan semata, akan tetapi juga dituntut untuk menjadi kreatif dan “tampil beda” agar mendapat perhatian tersendiri dari khalayak. Dalam durasi yang terbatas, iklan berusaha semaksimal mungkin mencapai STP (segmentation, targeting, positioning) agar benar-benar dapat menjadi brainstorming bagi khalayak. Penelitian ini sendiri berangkat dari fenomena kontradiksi antara nilai kemanusiaan yang terdapat dalam iklan televisi Bank BNI 46 dengan kondisi empirik masyarakat Indonesia, dimana nilai-nilai seperti yang terdapat dalam iklan sudah sangat jarang ditemukan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui makna nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam iklan Bank BNI 46 versi “people helps each other”. Ruang lingkup penelitian ini adalah iklan televisi Bank BNI versi “people helps each other” yang tersaji dalam bentuk audio-visual, dengan total durasi 90 detik, 48 shot, dan 15 scene. Data primer dalam penelitian ini berupa iklan televisi Bank BNI 46 versi “People Helps Each Other” yang didokumentasikan dalam bentuk VCD (Video Compact Disc). Sedangkan data-data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, penelitian-penelitian sejenis terdahulu dan dari web site. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis data dalam bentuk simbol-simbol (verbal ataupun non-verbal). Sedangkan dasar penelitian ini adalah pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Dengan menggunakan kedua model tersebut, memungkinkan peneliti bebas untuk membuat intrepretasi alternatif dalam mendeskripsikan dan menggambarkan data yang ada dalam penelitian selama masih dalam konteks atau kerangka sosial penelitian. Pendekatan semiotik yang digunakan mengacu pada teori Charles Sanders Pierce untuk menentukan hubungan tanda dengan penandanya dan kemudian penggalian makna tanda yang terdapat dalam obyek, peneliti menggunakan teori Roland Barthes tentang makna Konotasi dan Denotasi. Berdasarkan interpretasi yang telah dilakukan dalam penelitan ini, dapat disimpulkan bahwa makna nilai kemanusiaan dalam iklan Bank BNI 46 versi “people helps each other” adalah nilai-nilai moral atau sifat-sifat ideal yang harus dimiliki seorang individu sebagai manusia, yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri dalam menjalani kehidupan serta bertujuan untuk menghidupkan rasa perikemanusiaan demi mendapatkan kedudukan dan pergaulan sosial yang lebih baik. Di mana dalam iklan ini, nilai tersebut divisualisasikan melalui tindakan-tindakan menolong, berbuat baik serta bertimbang (bertenggang rasa) terhadap orang lain. Selain itu, iklan tersebut juga berperan sebagai kereta pembawa pesan-pesan korporasi. Iklan ini dibuat sebagai salah satu upaya pemulihan nama baik dan presentasi korporasi BNI setelah mengalami restrukturisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:36
Last Modified: 25 Jul 2012 02:36
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item