IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PR. HF PRIMA

SANTOSO, EKO (2006) IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PR. HF PRIMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_SISTEM_PENGENDALIAN_TERHADAP_STRATEGIPENGEMBANGAN_PRODUK_PADA_PR.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk strategi yang dapat mendukung perkembangan perusahaan yaitu dengan melakukan pengembangan produk. Pengembangan produk sangat diperlukan, karena sifat konsumen cenderung ingin sesuatu yang baru serta adanya nilai lebih dari produk-produk sebelumnya. Kondisi tersebut mengharuskan perusahaan untuk berusaha memenuhi segala keinginan konsumen. Kenyataan tersebut dikarenakan konsumen merupakan kunci utama sasaran keberhasilan pemasaran. Untuk menguasai pasar, suatu perusahaan haruslah berusaha untuk memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangn produk dan penerapan pengendalian dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan.Sedangkan kegunaan penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu dapat digunakan sebagai dasar pemikiran yang obyektif dalam proses pengambilan keputusan oleh perusahaan serta membantu perusahaan dalam menentukan strategi kebijaksanaan pemasaran perusahaan dimasa yang akan datang.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: berdasarkan hasil diskripsi strategi pengembangan produk pada PR. HF PRIMA dapat diketahui bahwa perusahaan telah melakukan pengembangan produk dalam rangka untuk meraih pasar sebanyak-banyaknya. Perusahaan dalam rangka melakukan pengembangan produk maka telah menerapkan sistem ekspansi dalam memperluas usahanya. Dalam proses melakukan strategi diversifikasi produk yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa perusahaan telah melakukan suatu perencanaan yang tepat dan matang. Hasil analisis sistem pengendalian strategi pengembangan produk pada PR. HF PRIMA menunjukkan secara keseluruhan perusahaan telah mampu melakukan pengawasan atas pelaksanaan strategi dengan baik sehingga tingkat kecurangan atau penyelewengan atas biaya produksi dapat dihindari. Pada sisi yang lain apabila ditinjau dari segi efektif dan efisiensi kegiatan pelaksanaan strategi pengembangan produk pada perusahaan mampu dicapai dengan baik. Beberapa saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu perusahaan diharapkan untuk tetap menerapkan strategi pengembangan produk yang telah diprogramkan. Perusahaan diharapkan tetap untuk melakukan pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap setiap kegiatan proses produksi berlangsung yang akan memberikan dampak yang positif terhadap tingkat efisien dan efektifitas perusahaan. Dalam melakukan pengembangan produk diharapkan perusahaan tetap mempertahankan atau memperhatikan tingkat kualitas produk. Hal tersebut dikarenakan kualitas atau mutu produk merupakan jaminan untuk diterima atau ditolak suatu produk oleh pasar dan harus didukung oleh penetapan harga jual yang mampu bersaing di pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:32
Last Modified: 25 Jul 2012 02:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item