ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT MATERIAL HANDLING DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. SEA WOON INDONESIA DESA LEDOK KEMIRI SEWU KEC. PANDAAN KAB. MALANG

SANTOSO, FAJAR TEGUH (2006) ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT MATERIAL HANDLING DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. SEA WOON INDONESIA DESA LEDOK KEMIRI SEWU KEC. PANDAAN KAB. MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT MATERIAL HANDLING.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT. Sea Woon Indonesia yang terletak di desa. Kemiri sewu Kec. Pandaan Kab. Pasuruan,dengan judul "Analisa Efisiensi dan Efektifitas Alat Material Handling pada PT. Sea Woon Indonesia Pandaan". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas penggunaan alat material handling pada PT. Sea Woon Indonesia Pandaan yang nantinya akan mencari tingkat efisiensi dan efektifitas penggunaan alat material handling yang ada pada tiap – tiap bagian dalam proses produksi Alat analisa yang digunakan adalah analisa dua variable, yaitu dengan membandingkan antara input ( total kapasitas daya angkut alat material handling ) dengan output ( total bahan yang dipindahkan ) Hasil penelitian yang diterapkan pada PT. Sea Woon Indonesia Pandaan yaitu : penggunaan alat material handling pada PT. Sea Woon belum efisien, tetapi sudah mencapai tingkat efektif, dikarenakan penggunaan alat material handling belum maksimal pada bagian Gudang ke bagian Grde / Sortir dengan tingkat efisiensinya 29,08% dan tingkat keefektifan 100%, bagian Sortir ke bagian Stocking dengan tingkat efisiensinya 14,25% dan tingkat keefektifan 97,99%, bagian Stocking ke bagian Oven dengan tingkat efisiensi 11,06% dan tingkat keefektifan 76,09%, bagian Oven ke bagian Bongkar stock tingkat efisiensinya 11,06% dan tingkat keefektifan 76,09%, bagian Bongkar Stock kebagian Gudang kering tingkat efisiensinya 22,13% dan tingkat keefektifan 76,09%, bagian Gudang kering ke bagian Pembahanan tingkat keefisiensinya 06,64% dan tingkat keefektifan, sedangkan pada penggunaan tenaga kerja dan Energi tingkat efisiensinya masing – masing sebesar 13,17% dan 29,98% dengan keefektifan masing – masing sebesar 11,38% dan 67,44%. Berdasarkan analisa data diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan alat material handling pada PT, Sea Woon Indonesia desa kemiri sewu kec. Pandaan Kab. Pasuruan belum mencapai tingkat efisiensi, karena penggunaan alat material handling pada proses bagian Gudang sampai Pembahanan dan juga pada penggunaan Tenaga kerja dan Energi yang digunakan belum optimal, ini disebabkan adanya kapasitas alat material handling yang tidak termanfaatkan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:31
Last Modified: 25 Jul 2012 02:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item