ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GUCI KERAMIK PT. “SINAR BIRU” SURABAYA

PARWITO, PARWITO (2006) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GUCI KERAMIK PT. “SINAR BIRU” SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_LAPORAN_KEUANGAN_SEBAGAI_DASAR_PENILAIANKINERJA_KEUANGAN_PADA_PERUSAHAAN_GUCI_KERAMIKPT.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Analisis laporan keuangan perusahaan pada dasarnya merupakan perhitungan rasio-rasio untuk menilai keadaan keuangan perusahaan. Pada prinsipnya laporan keuangan merupakan hasil dari suatu proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi mengenai data keuangan suatu perusahaan. Informasi dari laporan keuangan dapat diungkapkan dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan sebagai landasan perencanaan bagi operasional perusahaan untuk masa atau periode selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kinerja keuangan pada dan menganalisis pertumbuhan kinerja keuangan pada Perusahaan Guci Keramik PT. “Sinar Biru” Surabaya. Sedangkan kegunaan penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu membantu memberikan masukan kepada manajemen dalam menilai kinerja dan pertumbuhan yang telah dicapai oleh perusahaan serta digunakan sebagai bahan pertimbangan manajemen dalam pengambilan keputusan mengenai keuangan perusahaan sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang lancar dengan aktiva lancarnya masih tergolong tinggi dan mengalami kenaikan tetapi dalam tingkat prosentae yang kecil. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan mengalami kenaikan dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan pada tahun mengalami penurunan dan adanya peningkatan dalam menjamin beban bunga yang harus ditanggung oleh perusahaan. Pihak manajemen perusahaan telah memperbaiki sistem dan syarat-syarat kredit yang telah ditetapkan dan perusahaan telah efektif dalam memutar persediaan yang ada. Perusahaan dalam menggunakan modal secara baik sehingga mampu meningkatkan laba pada setiap periodenya, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase return on invesment untuk setiap periodenya. Dilihat dari analisis common size, menunjukkan bahwa perusahaan telah mencapai kenaikan laba bersih. Dari hasil tersebut menunjukkan perusahaan telah memiliki kinerja yang cukup baik dalam menghasilkan laba bersih perusahaan. Hasil tersebut dicapai karena adanya peningkatan penjualan oleh perusahaan. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu perusahaan diharapkan untuk meningkatkan volume penjualan secara maksimal sehingga mampu untuk memperkuat posisi aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. Perusahaan dapat memperkecil investasi dalam bentuk persediaan, hal tersebut dikarenakan selama empat periode menunjukkan jumlah persediaan yang sangat besar. Perusahaan diharapkan untuk mempertahankan atau lebih memperbaiki sistem atau syarat-syarat kredit yang akan diterapkan, sehingga perusahaan diharapkan mampu untuk menekan atau menurunkan jumlah hari untuk mengubah piutang menjadi kas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:25
Last Modified: 25 Jul 2012 02:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13057

Actions (login required)

View Item View Item