PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UD KECAP CAP JERUK DAN SALAK DI BANGKALAN

PAHLEVI, RIZAL (2006) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UD KECAP CAP JERUK DAN SALAK DI BANGKALAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_STRATEGI__PEMASARAN_GUNA_MENINGKATKAN_VOLUME_PENJUALAN_UD_KECAP_CAP_JERUK_DAN_SALAK__DI_BANGKALAN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah study kasus, dimana dalam pengumpulan, pengambilan dan menganalisis data dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian dengan maksud agar supaya data yang diperoleh dan keterangan yang lengkap sesuai dengan masalah yang dihadapi.dengan judul “ Perencanaan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Ud Kecap Cap Jeruk Dan Salak Di Bangkalan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran guna meningkatkan volume penjualan UD. Kecap Cap Jeruk dan Salak Bangkalan. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai bahan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat mengevaluasi kebijakan atau strategi yang digunakan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis SWOT, ETOP dan SAP. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal digunakan untuk melihat apakah kondisi internal perusahaan bisa disebut sebagai kekuatan dan kelemahan, maka dapat diperoleh hasil bahwa yang merupakan kekuatan perusahaan yaitu merk produk, pelayanan, discount/ potongan harga, syarat kredit, agen, periklanan, personal selling dan promosi penjualan. Sedangkan yang merupakan kelemahan perusahaan yaitu mengenai harga jual produk dan transportasi, adapun mengenai kualitas dan kemasan produk bersifat netral atau tidak berpengaruh. Hasil analisis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengidentifikasi peluang (opportunity) dan ancaman (threats) pada perusahaan.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang merupakan peluang perusahaan yaitu mengenai : Penurunan tingkat inflasi, Pendapatan Perkapita Masyarakat , Pertumbuhan Ekonomi, peran pemerintah (penyuluhan, bantuan UPL, UU No. 8 tahun 1987), peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan teknologi. Sedangkan faktor yang merupakan ancaman dari perusahaan yaitu adanya pesaing khususnya perusahaan sejenis, dan usia tidak berpengaruh atau netral. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: diharapkan memperhatikan kondisi internal perusahaan yang merupakan kelemahan perusahaan, dalam hal ini adalah mengenai harga jual produk dan transportasi. Mengenai harga jual produk perusahaan diharapkan tidak menetapkan harga yang terlalu tinggi khususnya untuk kemasan botol tanggung. Untuk mendukung sarana pendistribusian produk diharapkan perusahaan menambah sarana transportasi yang digunakan sehingga diharapkan dapat menjangkau seluruh daerah atau wilayah pemasaran yang ada. Dalam menghadapi persaingan yang terjadi maka diharapkan perusahaan untuk menggunakan segala bentuk kekuatan yang dimiliki, sedangkan untuk mendukung pernyataan tersebut maka diharapkan perusahaan melakukan suatu riset pasar sehingga dapat mengetahui segala keinginan atau kebutuhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:16
Last Modified: 25 Jul 2012 02:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

View Item View Item