PENGARUH TERPAAN TAYANGAN IKLAN FLEXI DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PRODUK FLEXI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2003 Universitas Muhammadiyah Malang)

Melati J.S., Soraya (2006) PENGARUH TERPAAN TAYANGAN IKLAN FLEXI DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PRODUK FLEXI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2003 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TERPAAN_TAYANGAN_IKLAN_FLEXI_DI_TELEVISITERHADAP_TINGKAT_PENGETAHUAN_MAHASISWA_TENTANGPRODUK_FLEXI.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Periklanan di Indonesia saat ini berkembang dengan sangat pesat. Apalagi pertumbuhan komunikasi yang ada saat ini. Karena adanya persaingan komunikasi dalam mengiklankan operator yang di gunakan oleh masyarakat inilah maka, PT. TELKOM menghadirkan Flexi sebagai salah satu operator yang berbasis CDMA. Karena perbedaan teknologi yang digunakan oleh GSM dan CDMA inilah maka iklan Flexi ditelevisi berupaya untuk memperkenalkan produk operator yang berbasis CDMA. Berdasarkan hal ini maka peneliti ingin mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terpaan tayangan iklan flexi di televisi terhadap pengetahuan mahasiswa tentang produk flexi. Televisi adalah medium yang paling sering di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan advertising. Kemampuan televisi untuk menjangkau khalayak yang sangat luas, menyiarkan suatu berita secara langsung dan serentak merupakan kelebihan yang dimiliki oleh medium televisi dibandingkan dengan medium yang lainnya. Medium televisi juga mampu menyampaikan pesan-pesan secara ekspresif dengan perpaduan antara tampilan gambar dan suara, sehingga khalayak lebih mudah untuk menginterpretasikan pesan yang diterimanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dan tipe yang digunakan adalah eksplanatif yaitu untuk menguji pengaruh antara variabel yang dihipotesakan. Sedangkan teknik sample yang digunakan adalah total sampling, teknik pengumpulan datanya adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan adalah korelasi dan regresi sederhana. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2003. Pada penelitian ini ada tidaknya pengaruh iklan flexi di televisi diukur berdasarkan frekuensi menonton iklan flexi di televisi, intensitas menonton iklan flexi di televisi, pengetahuan tentang fasilitas flexi, pengetahuan tentang sistem tarif dan pengetahuan mahasiswa tentang teknologi flexi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terpaan tayangan iklan flexi di televisi mempengaruhi tingkat pengetahuan mahasiswa tentang produk flexi. Hal ini dikarenakan besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y menghasilkan 10% dan sisanya sebesar 90% dipengaruhi oleh faktor lain yang berada di luar jangkauan penelitian ini. Adapun hasil analisis regresi dapat di prediksikan bahwa peningkatan 1 nilai terpaan tayangan iklan flexi di televisi akan menyebabkan peningkatan pengetahuan mahasiswa tentang produk flexi sebesar 0,841 hal ini berdasarkan nilai dari persamaan Y = 19,414 + 0,841 X. sehingga dapat di simpulkan bahwa terpaan tayangan iklan flexi di televisi berpengaruh terhadap pengetahuan mahasiswa tentang produk flexi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 05:59
Last Modified: 24 Jul 2012 05:59
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13025

Actions (login required)

View Item View Item