EVALUASI PENENTUAN TARIF PREMI ASURANSI MITRA BEASISWA BERENCANA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMI PUTRA 1912 RAYON BLITAR

Nurzuliati, Ika (2006) EVALUASI PENENTUAN TARIF PREMI ASURANSI MITRA BEASISWA BERENCANA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMI PUTRA 1912 RAYON BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_PENENTUAN_TARIF__PREMI_ASURANSI_MITRA_BEASISWA_BERENCANA_PADA_ASURANSI_JIWA_BERSAMA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan jasa asuransi jiwa dengan judul Evaluasi Penentuan Tarif Premi Asuransi Mitra Beasiswa Berencana Pada Asuransi Jiwa Bersma (AJB) Bumiputra 1912 Rayon Blitar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi apakah penentuan tarif premi yang ditentukan dalam perusahaan sudah tepat. Penelitian ini penulis mengambil satu hipotesis, yaitu : Bahwa penentuan tarif premi yang digunakan adalah metode anuitas yang sudah didiskontokan dengan berpedoman pada tabel mortalitas untuk mengetahui apakah penentuan tarif premi yang digunakan dalam perusahaan tersebut sudah tepat. Tolak ukur untuk menentukan bahwa penentuan tarif premi tepat adalah jika hasil perhitungan menurut standart teori (Anuitas) sama dengan hasil perhitungan perusahaan. Penganalisisan data dibatasi dengan uang pertanggungan sebesar Rp5.000.000,00; Rp10.000.000,00; Rp15.000.000,00; Rp20.000.000,00; Rp25.000.000,00. Usia tertanggung saat masuk asuransi adalah 26 tahun dan usia anak 5 tahun, masa asuransi selama 13 tahun, tingkat suku bunga dibebankan adalah sebesar 3% dengan 5 orang nasabah untuk penentuan metode anuitas dengan pendiskontoan. Hasil analisis pendiskontoan dan perhitungan tarif standart tersebut, berdasarkan tolak ukur yang digunakan, menunjukan hasil perhitungan hasil perhitungan perusahaan. tarif premi menurut standart teori Dengan demikian penentuan tarif premi yang ditetapkan oleh AJB Bumiputra 1912 Rayon Madya Blitar adalah belum tepat dengan hipotesis diterima. Ketidaktepatan hasil perhitungan perusahan di sebabkan oleh penentuan premi dasar yang sudah dibakukan sendiri oleh perusahan tersebut demi meraih keuntungan. Sebaliknya dalam perhitungan anuitas lebih memperhatikan tingkat mortalitas sebagai upaya untuk mengantisipasi kematian dalam waktu dekat. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan AJB Bumiputra 1912 Rayon Madya Blitar melakukan perubahan penentuan tarif ini yang sudah berlaku saat ini dengan menggunakan metode anuitas dalam penentuan tarif premi asuransi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 05:49
Last Modified: 24 Jul 2012 05:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item