ANALISIS EFISIENSI MEREK PONSEL NOKIA

Mayangsari, Lily (2006) ANALISIS EFISIENSI MEREK PONSEL NOKIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
g.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efisiensi merek ponsel, yang mana merek ponsel relatif efisien harus dibandingkan antara nilai manfaaat (keluaran) dan harga jual (masukan) dan dibandingkan dengan merek lainnya dengan judul “Analisis Efisiensi Merek Ponsel Nokia” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efisiensi merek ponsel Nokia 3650 dengan merek ponsel lain (samsung SGH-E720, Siemens CT65, Sony Ericsson W550i). Dalam penelitian ini, penulis mengambil satu hipotesis, yaitu diduga bahwa merek ponsel Nokia paling relatif dibandingkan merek-merek ponsel lainnya. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah merek ponsel Nokia relatif efisien yaitu menggunakan alat analisis Data Envelopment Analysis (DEA). Tolok ukur merek ponsel dinyatakan efisien yaitu bila merek ponsel bersangkutan tergolong sebagai merek ponsel yang relatif efisien adalah memiliki nilai hk sama dengan 1 (100%). Nilai 1 diperoleh antara output dibanding input sama dengan 1. Hasil analisis DEA Linear Programming dengan menggunakan metode simpleks optimal value bahwa dari keempat merek ponsel hanya tiga merek ponsel yang dinyatakan relati efisien, yaitu merek ponsel Nokia 3650, Siemens CT65, dan Sony Ericsson W550i, diperoleh nilai hk optimal sebesar 1, atau dinyatakan 100%. Artinya ketiga merek ponsel tersebut relatif efisien. Berdasarkan hasil pengukuran efisiensi merek melalui analisis DEA (Data Envelopment Analysis) dengan menggunakan komputasi software POM (Production Opration and Management) menunjukkan bahwa merek ponsel dengan komponen-komponen yang ada, ternyata terdapat tiga ponsel yang relatif efisien karena mempunyai nilai hk sebesar 1 atau dinyatakan dengan 100%. Setelah mempelajari, menganalisa dan menarik kesimpulan maka peneliti memberi beberapa saran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan terhadap kebijakan perusahaan di masa sekarang dan di masa yang akan datang, dan bagi konsumen dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan dan pertimbangan konsumen yang ingin memiliki ponsel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 05:38
Last Modified: 24 Jul 2012 05:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item View Item