PENGARUH TOTAL ASSET TURN OVER, FINANCIAL LEVERAGE, SALES GROWTH, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PLASTICS AND FLAT GLASS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Mayangsari, Anggarini Dewi (2006) PENGARUH TOTAL ASSET TURN OVER, FINANCIAL LEVERAGE, SALES GROWTH, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PLASTICS AND FLAT GLASS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TOTAL_ASSET_TURN_OVER.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan causal comparative research pada perusahaan Plastics and Flat Glass Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta dengan judul “Pengaruh Total Asset Turn Over, Financial Leverage, Sales Growth dan Net Profit Margin Terhadap Profitabilitas Perusahaan Plastics and Flat Glass Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empris mengenai pengaruh Total Aset Turn Over, Financial Leverage, Sales Growth dan Net Profit Margin secara serempak dan parsial terhadap ROE dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap ROE. Dalam penelitian ini penulis mengambil tiga hipotesis, yaitu: (1) Total Asset Turn Over, Financial Leverage, Sales Growth dan Net Profit Margin berpangaruh serempak terhadap ROE, (2) Total Asset Turn Over, Financial Leverage, sales Growth dan Net Profit Margin berpengaruh parsial terhadap ROE, (3) Net Profit Margin adalah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap ROE. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji F dan Uji t untuk mengetahui apakah variabel-variabel dalam penelititan ini berpengaruh serempak maupun parsial terhadap ROE dan Uji koefisien Beta untuk mengetahui variabel yang berpangaruh dominan terhadap ROE. Dari hasil analisis diketahui bahwa Total Asset Turn Over tidak bisa dijadikan sebagai variabel dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa Financial Leverage, Sales Growth dan Net Profit Margin berpengaruh serempak terhadap ROE. Uji t menunjukkan bahwa Financial Leverage tidak berpengaruh parsial sedang Sales Growth dan Net Profit Margin berpengaruh parsial. Uji koefisien Beta menunjukkan bahwa Net Profit Margin merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap ROE. Dengan demikian ketiga hipotesis dalam penelitian ini terbukti. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti dapat mengimplikasikan bahwa dalam keadaan perekonomian yang stabil perusahaan sebaiknya menggunakan dana dari utang karena memiliki beban tetap dan investor harus menganalisis nilai ROE perusahaan dahulu sebelum berinvestasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 05:36
Last Modified: 24 Jul 2012 05:36
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12996

Actions (login required)

View Item View Item