PENGARUH MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN(STUDI PADA SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ENGLISH FIRST MALANG)

Nurmawati, Ika Yuli (2006) PENGARUH MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN(STUDI PADA SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ENGLISH FIRST MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_MEDIA_PROMOSI_TERHADAPKEPUTUSAN_UNTUK_MEMILIH_LEMBAGA_PENDIDIKAN.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah terpaan media promosi yang digunakan EF sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengikuti les di EF.Dalam melaksanakan promosi dibutuhkan sarana atau alat yang biasa kita kenal dengan istilah media. Media dibutuhkan agar pesan yang disampaikan bisa diterima serempak dalam waktu yang sama.. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah adakah pengaruh antara media promosi dengan keputusan untuk memilih lembaga pendidikan dan jika ada seberapa besar pengaruhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media promosi terhadap keputusan untuk memilih lembaga pendidikan, dan bila ada seberapa besar pengaruhnya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori komunikasi massa model Efek Kuat. Dengan asumsi bahwa pada suatu saat orang akan benar-benar mendapati, komunikasi massa memiliki efek yang besar, komunikasi massa dapat mewujudkan powerfull effect apabila ia digunakan dalam program-program atau kampanye-kampanye yang dipersiapkan lebih dahulu secara cermat sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi yang ada.Pemilihan media promosi sangat berpengaruh pada penyampaian pesan pada komunikan. Semakin luas jangkauan media yang dipilih akan semakin merakyat produk tersebut. Semakin banyak masyarakat mengetahui dan tertarik akan produk perusahaan maka semakin banyak juga keuntungan yang akan diperoleh perusahaan, dan juga membuktikan bahwa media promosi sangat berpengaruh terhadap keputusan untuk mengikuti les di EF. Tipe dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif,digunakan untuk meneliti atau menyelidiki, menganalisa dan mengklasifikasikan data. Penentuan sampel, menggunakan referensi dari Arikunto, 300 siswa yang masih aktif mengikuti les di EF dipersempit menjadi 35 siswa yang dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dan juga digunakan analisis regresi. Analisis regresi juga digunakan untuk menentukan bentuk (dari) hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisa data bahwa terpaan media promosi (variabel X) tergolong sedang artinya para siswa mengetahui iklan EF tetapi tidak banyak mempengaruhi keputusan mereka untuk mengikuti les di EF. Keputusan responden untuk memilih mengikuti les di EF dikarenakan beberapa faktor antara lain: keamanan dan kenyamanan yang terjamin, tersedianya pengajar dari luar negeri, dan pelayanan yang memuaskan oleh pihak EF. Terdapat korelasi yang nyata antara variabel X (media promosi) dengan variabel Y (keputusan untuk memilih lembaga pendidikan) serta korelasi ini tergolong sedang karena berada pada selang antara 0,4-0,59. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier didapat nilai koefisien determinasi (R2) = 0,207, artinya bahwa 20,7% variabel media promosi dapat menjelaskan keputusan untuk memilih lembaga pendidikan, sedangkan sisanya 79,3% akan dijelaskan oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan kata lain variabel X (media promosi) menyumbang sebesar 20,7% untuk terjadinya variabel Y (keputusan untuk memilih lembaga pendidikan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:28
Last Modified: 24 Jul 2012 04:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item