ANALISIS SEGMENTASI MANFAAT PADA BANK JATIM CABANG BOJONEGORO

Nurmalasari, Piping (2006) ANALISIS SEGMENTASI MANFAAT PADA BANK JATIM CABANG BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SEGMENTASI_MANFAAT_PADA_BANK_JATIM_CABANG_BOJONEGORO.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan atau aplikasi model survey yang dilakukan pada Bank Jatim cabang Bojonegoro, dengan mengambil judul “ Analisis Segmentasi Manfaat Pada Bank Jatim Cabang Bojoneoro”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi manfaat yang diinginkan dari pelayanan Bank Jatim dan untuk melihat apakah ada hubungan antara demografi (usia, gender, pekerjaan, pendidikan) dengan manfaat yang diinginkan nasabah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor yaitu suatu analisis yang digunakan untuk mereduksi, meringkas dari banyak variabel kedalam satu atau beberapa faktor yang lebih spesifik. Analisis Cluster digunakan untuk mensegmentasikan manfaat berdasarkan kesamaan karakteristik dan mempunyai hubungan antara satu dengan yang lain dan analisis Chi Square pada penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan demografi nasabah (usia, gender, perkerjaan, pendidikan) dengan manfaat yang diingikan nasabah yang meliputi beberapa variabel yaitu variabel keamanan-kenyamanan (X1), relasi (X2), sifat bank (X3), biaya (X4), peningkatan insentif (X5). Dari hasil analisis segmentasi manfaat teridentifikasi kelompok berdasarkan karakteristik responden menjadi tiga cluster, pada cluster 1 dengan nama efektifitas dimana anggotanya meliputi faktor peningkatan insentif, faktor sifat bank, faktor keamanan-kenyamanan, faktor relasi. Cluster 2 dengan nama keamanan-kenyamanan yang menjadi anggotanya adalah faktor keamanan-kenyamanan dan untuk cluster 3 dengan nama orientasi pelayanan dimana anggotanya meliputi faktor sifat bank, faktor keamanan-kenyamanan. Pada analisis chi square diketahui bahwa demografi nasabah yang berdasarkan usia berhubungan dengan reputasi bank Jatim (X1.1) dan kondisi bangunan (X3.1). Berdasarkan Jenis Kelamin berhubungan dengan identifikasi manfaat meliputi nilai asset (X1.2), fasilitas ATM tersedia dibanyak tempat (X1.4), pemahaman staf bank Jatim terhadap nasabah (X2.1), tingkat kehadiran karyawan (X3.1), penataan interior (X3.3). Demografi nasabah yang berdasarkan pekerjaan berhubungan dengan nilai asset bank Jatim (X1.2) dan kondisi bangunan (X3.2). Berdasarkan pendidikan berhubungan dengan pemahaman staf bank Jatim terhadap nasabah (X2.1), kondisi bangunan bank Jatim (X3.2), transaksi yang mudah dan aman (X1.3) Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa identifikasi manfaat yang diinginkan dari pelayanan Bank Jatim terbentuk tiga cluster dimana pada cluster 1 memiliki jumlah responden sebesar 39 orang atau (39,39%). Untuk cluster 2 responden memiliki jumlah anggota sebesar 27 orang (27,28%) dan pada cluster 3 memiliki jumlah responden sebesar 33 orang (33,33%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:27
Last Modified: 24 Jul 2012 04:27
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item