PENGARUH PENERAPAN PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN MELALUI SISTEM MONITORING PELAPORAN PEMBAYARAN PAJAK (MP3) (STUDI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MALANG)

Mauliana, Artha (2006) PENGARUH PENERAPAN PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN MELALUI SISTEM MONITORING PELAPORAN PEMBAYARAN PAJAK (MP3) (STUDI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENERAPAN_PEMBAYARAN_PAJAK_PENGHASILAN.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh penerapan pembayaran pajak penghasilan dengan sistem monitoring pelaporan pembayaran pajak(mp3) terhadap kepatuhan wajib pajak Dimana penelitian terhadap judul ini dilakukan di studi di kantor pelayanan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui sekaligus menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh penerapan pembayaran Pajak Penghasilan melalui sistem MP3 terhadap kepatuhan Wajib Pajak selain itu tujuan dari karya tulis ini adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dari pembayaran pajak penghasilan melalui sistem MP3 serta sekaligus solusi dari pemecahan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis. Lokasi penelitian yang dipilih oleh penulis adalah berlokasi di kantor pelayanan pajak malang. Macam sumber data yang ada pada karya tulis ini antara lain: data primer dan data sekunder. Melalui penelitian yang sudah dilakukan maka, penulis mendapatkan hasil, bahwa dengan diterapkannya sistem monitoring pada pembayaran pajak penghasilan ternyata cukup membawa dampak positif. Hal ini terbukti dengan semakin percayanya wajib pajak akan keamanan dari pajak yang telah dibayarkan. Sedangkan kelamahan yang terdapat dalam sistem monitoring ini antara lain duplikasi Pekerjaan, time lag, human Error, rawan pemalsuan SSP lembar ke-3 yang dilampirkan, data SSP tidak akurat, dan keterbatasan untuk mengolah volume data yang lebih besar Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa suatu sistem pembayaran pajak yang logis dan rasional disertai dengan meratanya beban pajak, ditambah lagi dengan penghematan pengeluaran pemerintah yang bersumber dari pajak, merupakan dukungan moral untuk peningkatan kepatuhan wajib pajak. Dengan adanya Undang-undang pajak yang cukup jelas dan sederhana, semakin memudahan dalam pembayaran pajak sistem MP 3 yang pelaksanaannya diatur dalam Kep-162/PJ./2003 Berdasarkan penjelasan dari pasal 10 ayat 1 Undang-undang No. 6 tahun 1983 sebagaimana telah diubah terakhir kali dalam undang-undang No. 16 tahun 2000 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan yang menyebutkan bahwa petugas pajak tidak boleh menerima setoran dari wajib pajak sehingga perlu dilakukan penunjukan tempat-tempat pembayaran seperti kantor pos, Bank Persepsi atau Bank Badan Usaha Milik Negara dan Bank Badan Usaha Milik Daerahatau tempat lain yang ditetapkan oleh menteri keuangan. Sedangkan saran yang penulis tawarkan antara lain segera percepat pengaplikasian sistem MP 3 serta perlu adanya upaya peningkatan sumberdya manusia di KPP Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:24
Last Modified: 24 Jul 2012 04:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item