STUDY PELAKSANAAN PHBM (PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT) OLEH LMDH (LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN) JATI MAKMUR DI DESA JONO KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO

Nurlatifa, Siti (2006) STUDY PELAKSANAAN PHBM (PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT) OLEH LMDH (LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN) JATI MAKMUR DI DESA JONO KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDY_PELAKSANAAN_PHBM.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat yang dilakukan oleh Perum Perhutani merupakan program pembangunan, pemeliharaan dan pengamanan hutan dengan cara mengikut sertakan masyarakat dalam pengelolaan hutan. Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat atau PHBM ini di atur dalam surat keputusan dewan pengawas Perum Perhutani no 136/KPTS/DIR/2001 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan peran dan tanggung jawab Perum Perhutani, masyarakat desa hutan terhadap pengelolaan sumber daya hutan, meningkatkan mutu sumber daya hutan dan keamanan hutan, mendorong dan menyelaraskan pengelolaan sumberdaya hutan sesuai dengan dinamika sosial masyarakat desa hutan. Masyarakat desa hutan yang tergabung dalam LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) mendapatkan lahan garapan di hutan, dan berkewajiban untuk merawat pohon jati hingga siap tebang. Pada saat tebangan masyarakat juga akan mendapatkan bagi hasil atau system sharing dengan pihak Perhutani. Hubungan masyarakat desa hutan dengan Perhutani merupakan hubungan Simbiosis mutualisme yaitu saling menguntugkan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jono Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro bekerja sama dengan LMDH “Jati Makmur” dan Perum Perhutani KPH Bojonegoro. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisa data deskriptif yang berusaha mengambarkan fenomena yang terjadi di lapangan secara apa adanya. Sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi, interview pesanggem, pengurus LMDH dan pihak Perhutani. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang berupa buku kegiatan LMDH Jati Makmur, internet. Dalam penentuan sampel peneliti mengunakan purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat yang diterapkan oleh Perhutani di Desa Jono sudah berjalan dengan baik, namun masih memerlukan sosialisasi lagi, karena masih banyak masyarakat yang tergabung dalam LMDH yang masih belum memahami PHBM. permasalahan yang di hadapi sehubungan dengan pengelolaan hutan adalah terbatasnya SDM, kurangnya sarana dan prasarana, dan kurangnya kepercayaan masyarakat kepada pihak perhutani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:24
Last Modified: 24 Jul 2012 04:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item