AKTIVITAS HUMAS DI RADIO SWASTA(Studi Pada PT.Radio Sinar Natas Angin (SINATA) FM Tuban)

Nuriyawati, Evi (2006) AKTIVITAS HUMAS DI RADIO SWASTA(Studi Pada PT.Radio Sinar Natas Angin (SINATA) FM Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AKTIVITAS_HUMAS_DI_RADIO_SWASTA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Dalam kurun waktu yang relatif singkat, media massa khususnya Radio mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terbukti mulai awal tahun 2000 hingga sekarang ini masih banyak sekali bermunculan station-station Radio swasta baru di berbagai kota di Indonesia. Kondisi demikian pastinya juga akan berdampak pada persaingan station Radio dalam “merebut” khalayak audiens (pendengar). Sehingga tidak heran apabila setiap station Radio akan berusaha untuk mengemas suatu program acara siaran dengan sedemikian rupa, supaya bisa menarik dan mendapatkan audiens yang banyak. Sebagai media komunikasi, perangkat audio merupakan primadona bagi hampir semua kalangan, karena dengan akses yang begitu cepat, masyarakat dapat selalu mengikuti perkembangan informasi dan juga mendapatkan hiburan dengan cepat pula serta terjangkau bagi semua kalangan. Kegiatan kehumasan selalu ada dalam setiap organisasi atau perusahaan. Berdasarkan latar belakang seperti yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu (1)“Apa saja aktivitas yang dilakukan oleh PT. Radio SINATA FM Tuban ?”,(2)”Berapa tinggi keterlibatan masing-masing unsur karyawan (crew) Radio dalam aktivitas tersebut ?”. Sedangkan tujuannya adalah : (1)”Untuk mengetahui tentang aktivitas humas yang dilakukan oleh PT. Radio Sinar Natas Angin (SINATA) FM Tuban”,(2)”Untuk mengetahui keterlibatan masing-masing unsur karyawan pada PT. Radio Sinar Natas Angin (SINATA) FM Tuban dalam aktivitas humas tersebut”. Public Relations atau yang bisa kita kenal istilahnya sebagai Humas (hubungan masyarakat) tumbuh dan berkembang dengan pesat pada permulaan abad ke-20. Seiring dengan kemajuan masyarakat di berbagai bidang, terutama teknologi, informasi, ekonomi, hukum, dan politik nasional maupun internasional, peranan yang proaktif dan mampu mengantisipasi segala bentuk perubahan-perubahan di berbagai bidang tersebut sangat di perlukan di dalam suatu perusahaan. Sebab perusahaan sebagai bentuk organisasi juga tidak bisa lepas dari pengaruh, kompetisi, serta kemungkinan dalam menghadapi persoalan. Hubungan masyarakat dibagi menjadi dua jenis pengertian, yakni dalam pengertian, yaitu sebagai state of being dan sebagai technique of communication. Penelitian ini bersifat deskriptif yang berupaya untuk menggambarkan tentang aktivitas humas di Radio swasta, yaitu pada PT. Radio SINATA FM Tuban. Sedangkan teknik pengumpulan datanya didasarkan pada analisa kuantitatif, data yang dianalisis yang diperoleh dari hasil penyebaran angket, interview (wawancara) dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Radio SINATA FM yang berjumlah 20 orang, maka pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Dari data yang terkumpul akan dianalisis, namun untuk lebih jelasnya peneliti menggunakan tabel prosentase untuk mempermudah pembacaan data. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menghasilkan data bahwa, aktivitas humas pada PT. Radio SINATA FM di bagi menjadi dua, yaitu : (1) Internal Relations yang meliputi: (a) Hubungan antara pimpinan perusahaan dan karyawan, 100% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (b) Hubungan dengan pemegang saham, 35% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (2) Eksternal Relations meliputi : (a) Kegiatan dengan masyarakat sekitar, 80% responden termasuk pimpinan perusahaan dan tim kreatif menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (b) Kegiatan dengan pendengar Radio SINATA FM, 80% responden termasuk pimpinan perusahaan dan tim kreatif menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (c) Kegiatan dengan Rumah Sakit Umum Daerah, 30% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (d) Kegiatan dengan Kepolisian, 20% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (e) Kegiatan dengan Pemerintah Daerah, 20% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (f) Kegiatan dengan perusahaan lain selain Radio, 50% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (g) Kegiatan dengan Radio lain, 70% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. (h) Kegiatan dengan perusahaan iklan, 25% responden menyatakan pernah ikut/terlibat dalam kegiatan tersebut. Pimpinan perusahaan dan Tim Kreatif ternyata selalu ada dalam setiap kegiatan, baik itu internal maupun eksternal, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pada PT. Radio SINATA FM tidak mempunyai divisi Humas, akan tetapi aktivitasnya ada dan kegiatan tersebut di lakukan oleh pimpinan perusahaan serta divisi yang bernama Tim Kreatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:20
Last Modified: 24 Jul 2012 04:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item