PENERAPAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA PRODUK KAROSERI BAK TRUCK DAN PIPA PENGAMAN SAMPING SEBAGAI LANGKAH AWAL DALAM PROSES PERBAIKAN PRODUK UNTUK MEMENUHI HARAPAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI SUMBER EKONOMI KAROSERI)

SETIOBUDI, ARY (2006) PENERAPAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA PRODUK KAROSERI BAK TRUCK DAN PIPA PENGAMAN SAMPING SEBAGAI LANGKAH AWAL DALAM PROSES PERBAIKAN PRODUK UNTUK MEMENUHI HARAPAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI SUMBER EKONOMI KAROSERI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_QFD.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Produk karoseri bak truck kayu dan pipa pengaman samping tidak pernah punah melainkan selalu berkembang dan maju. Kedua produk ini selalu dicari oleh konsumen karena produk tersebut dibutuhkan sebagai produk pelengkap dari truck. Namun dalam jangka waktu yang cukup lama perkembangan produk ini dapat dikatakan lambat, secara garis besar tidak mengalami perubahan dalam model. Kebutuhan konsumen terhadap produk sangat beragam misalnya harga, model, dan kualitas. Untuk mengurangi dan menghilangkan permasalahan-permasalahan yang timbul dalam perbaikan produk dan pentingnya memperhatikan tuntutan pasar, maka dengan menggunakan Quality Function Deployment penulis mencoba merencanakan perbaikan produk dengan cara mencari atribut produk tersebut yang sangat dipentingkan oleh konsumen dan berusaha untuk memenuhinya. Tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan kerja Quality Function Deployment terdiri dari 3 tahapan, antara lain: Tahap Pengumpulan Suara Pelanggan, Tahap Penyusunan Rumah Kualitas, dan Tahap Analisa & Interpretasi. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan dalam perencanaan perbaikan produk didapat atribut-atribut yang sangat dipentingkan oleh konsumen. Pada produk karoseri bak truck kayu atribut yang dipentingkan oleh konsumen adalah rangka bak truck lebih tebal, kuat pada bagian penyambungan, harga bak truck, papan kayu yang digunakan, jenis kayu kuat dan tidak mudah patah, jumlah rangka bak truck, model cat yang digunakan untuk gambar/tulisan yaitu air brush, ukuran bak truck dari kayu, bahan kayu lebih tebal, bisa menggambar berbagai macam gambar (contoh : hewan, manusia, dll), macam-macam warna bak truck kayu (merah, kuning, dll), jarak antar rangka tiang dan galang, jumlah baut - mur yang digunakan untuk merakit, cat yang digunakan tahan lama, banyak modelnya untuk papan atas bak truck, jarak pemasangan per papan kurang dari 3 mm, permukaan kayu tidak kasar (halus), tebal dan lebar kayu atas bak belakang, tebal dempul untuk kayu ( 1 mm ), jumlah kunci, pipa yang digunakan lebih besar dan tebal, ukuran papan atas bak truck, jumlah plat bak belakang 2 – 4 buah, jumlah lampu, jumlah pipa untuk tali 1 – 3 buah/sisi. Sedangkan pada produk pipa pengaman samping atribut yang dipentingkan oleh konsumen adalah pipa yang digunakan lebih besar dan tebal, kuat pada bagian penyambungan, terdapat banyak model sesuai pesanan pelanggan, bermacam-macam warna sesuai pesanan (merah, hijau, biru, dll), harga yang diinginkan Rp. 250.000 – 300.000/pasang, cat yang digunakan kuat dan tahan lama, mur dan baut yang digunakan untuk pemasangan, ukuran yang diinginkan (Panjang : +/= 225 cm, tinggi +/= 45 cm).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:52
Last Modified: 24 Jul 2012 03:52
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item