PENGARUH KONSENTRASI INFUS DAUN KENTUT (Paederia scandens L. Merr) TERHADAP ZONA HAMBAT BAKTERI Shigella dysentriae SECARA IN VITRO

SETYA HARDHANI, ERWIN (2006) PENGARUH KONSENTRASI INFUS DAUN KENTUT (Paederia scandens L. Merr) TERHADAP ZONA HAMBAT BAKTERI Shigella dysentriae SECARA IN VITRO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KONSENTRASI_INFUS_DAUN_KENTUT.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Pengobatan secara tradisional dengan menggunakan tanaman yang mempunyai khasiat obat sudah sejak lama dikenal. Efek samping pengobatan tradisional lebih kecil dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Paederia scandens L. Merr merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dijumpai sebagai tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat. Hal ini berkaitan dengan zat aktif yang dikandung oleh Paederia scandens L. Merr yaitu berupa asam oleanolat, arbutin dan alkaloid. Disentri adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan, khususnya di usus besar yang disebabkan oleh bakteri Shigella dysentriae. Dari uraian tersebut maka peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Konsentrasi Infus Daun Kentut (Paederia scandens L. Merr) terhadap zona Hambat Bakteri Shigella dysentriae Secara In Vitro“. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah infus Paederia scandens L. Merr dapat menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysentriae, serta untuk mengetahui konsentrasi infus Paederia scandens L. Merr yang paling optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Muhammadiyah Malang, pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2006. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 13. Terdiri atas Analisis Varian Satu Arah, apabila menunjukkan pengaruh maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa infus Paederia scandens L. Merr berpengaruh signifikan terhadap penghambatan bakteri Shigella dysentriae secara in vitro. Konsentrasi yang optimal dalam menghambat bakteri Shigella dysentriae adalah konsentrasi 100 %. Infus Paederia scandens L. Merr dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengobati disentri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:45
Last Modified: 24 Jul 2012 03:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item